Aktifitas Keagamaan Berbasis Pluralisme Bagi Remaja Masjid Nurul Hikmah Di Desa Sepande Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Calesty, Muhammad Irkham (2018) Aktifitas Keagamaan Berbasis Pluralisme Bagi Remaja Masjid Nurul Hikmah Di Desa Sepande Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhammad Irkham Calesty_E82212050.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah bertujuan untuk memahami pandangan agama tentang pluralisme serta kerukunan umat beragama melalui suatu kegiatan keagamaan di Masjid Nurul Hikmah Desa Sepande di Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil latar pemikiran dari tokoh Dr. Alwi Shihab tentang islam inklusif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konsep islam inklusif menurut Dr. Alwi Shihab harus perlu dibangun dengan landasan pemahaman mengenai perbedaan yang meerupakan sunnatullah, memiliki landasan pemahaman pluralisme agama dan bertoleransi. Sedangkan usaha untuk yang dapat dilakukan untuk mewujudkan islam inklusif adalah dengan melakukan saling bertoleransi antar agama dan dialog agama antar agama guna menemukan titik-titik temu dengan agama lain. Islam inklusif yang memiliki pandangan keterbukaan, yang berarti mau menerima segala sesuatu dari agama lain yang didasarkan pada kesamaan ajaran dari sumber yang sama yaitu Tuhan dengan tanpa mengabaikan komitmen ajaran dan iman secara penuh. Hal tersebut semata-mata untuk mendapatkan rahmat Allah SWT dengan tujuan kerukunan umat beragama.
Pada kegiatan keagamaan tersebut peran remaja masjid sangat di himbau oleh para takmir masjid dalam pelaksanaan kegiatan keagamaan yang berbasis pluralisme. Dalam penelitian terdapat kegiatan keagamaan yang berbasis pluralisme yang terbantu oleh peran remaja masjid, diantara kegiatannya yaitu: 1) Membantu salah satu warga desa yang beragama non muslim yakni agama tiognhoa yang biasanya jika saat hari imlek warga tersebut memberikan angpau pada Anak yatim piatu dan juga anak remaja di lingkungan sekitar yang biasanya dilakukan di halaman Masjid Nurul Hikmah, 2) Kegiatan Lainnya yang berkaitan desa yaitu perayaan ulang tahun desa yang masyarkat antusias dalam mengikuti acara tersebut walaupun ada yang berbeda keyakinan dan dilaksnakan di halam sekitar masjid.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Calesty, Muhammad Irkhamcalestyirkham@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pluralisme
Keywords: Aktifitas Keagamaan Remaja Masjid Berbasis Pluralisme
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Calesty Muhammad Irkham
Date Deposited: 09 Aug 2018 09:44
Last Modified: 09 Aug 2018 09:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26694

Actions (login required)

View Item View Item