Pendampingan kaum ibu melalui pengelolaan batang pisang di Desa Meluwur Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahiroh, Najma (2018) Pendampingan kaum ibu melalui pengelolaan batang pisang di Desa Meluwur Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Najma Zahiroh_B72214041.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pendampingan kaum ibu melalui pengelolaan batang pisang. Tujuan pendampingan ini yakni untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Meluwur Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan dengan memanfaatkan pohon pisang yang mana kita ambil dari pada batangnya. Batang pisang ini kemudian diolah menjadi abon. Abon batang pisang tersebut menjadi suatu usaha baru dari kelompok ekonomi kaum ibu di Desa Meluwur yang mana dengan harapan dapat membantu meningkatkan pendapatan keluarga, sehingga kaum ibu tidak lagi berpangku tangan dengan pendapatan suami saja yang kebanyakan bekerja sebagai petani maupun buruh pabrik. Abon batang pisang ini bukan merupakan penghasilan utama atau tulang punggung keluarga melainkan setidaknya mampu meringankan beban kebutuhan dari pengeluaran yang harus dilakukan. Pendampingan ini dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan ABCD (Asset Based Community Development). Metode pendekatan ABCD merupakan metode yang mampu menyelesaikan persoalan masyarakat dengan melihat aset-aset atau potensi yang dimiliki oleh masyarakat, baik aset individu maupun aset kelompok. Tidak hanya dengan aset tersebut saja, tetapi harus juga terdapat adanya kemauan atau antusias yang tinggi yang tumbuh dari diri masyarakat untuk berubah menjadi lebih baik. Oleh karena itu peneliti disini hanya sebagai pendamping dan pendorong untuk masyarakat agar senantiasa sadar akan adanya aset-aset yang dimiliki yang belum termanfaatkan secara maksimal. Pendampingan ini difokuskan pada pendampingan kelompok dalam pengelolaan limbah batang pisang, karena jumlah pohon pisang yang begitu banyak dan masyarakat hanya memanfaatkan buahnya saja tanpa memperhatikan batang dari pohon pisang ini yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan maupun lingkungan sehingga perlu lah inovasi baru untuk mengolah limbah dari batang pisang ini. Dengan adanya Kelompok Ekonomi Kaum Ibu ini, batang pisang kini dapat dimanfaatkan menjadi Abon batang pisang dan bernilai jual bagi masyarakat Desa Meluwur Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahiroh, Najmanajma.zahiroh2@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Masyarakat
Pemberdayaan
Wirausaha
Keywords: Kelompok ekonomi kaum ibu; batang pisang; Asset Based Community Development
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Zahiroh Najma
Date Deposited: 08 Aug 2018 06:35
Last Modified: 08 Aug 2018 06:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26686

Actions (login required)

View Item View Item