Penguatan ekonomi kelompok ibu-ibu PKK melalui pemanfaatan sampah plastik di Desa Jabon Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauzan, Muchammad (2018) Penguatan ekonomi kelompok ibu-ibu PKK melalui pemanfaatan sampah plastik di Desa Jabon Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muchammad Fauzan_B92214056.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pemberdayaan masyarakat dalam memanfaatkan aset yang ada di masyarakat untuk dapat dikembangkan dan menjadi potensi yang bernilai positif, dalam hal ini sampah plastik adalah aset yang dikembangkan ole Kelompok Ibu-Ibu PKK Dusun Jabon diolah menjadi berbagai suatu kerajinan. Sampah plastik yang awalnya hanya berakhir di TPA namun setelah proses pendampingan ini masyarakat muai sadar akan aset tersebut dan dapat bermanfaat bagi mereka untuk memotivasi masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan sosial. Pendampingan ini menggunakan metode pendekatan Asset Base Community Devlopment (ABCD), yaitu pemberdayaan masyarakat berbasis aset yang bertujuan agar dengan potensi yang dimiliki diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan dan menjadi kekuatan masyarakat untuk melakukan perubahan sosial. Melalui kegiatan pemanfaatan sampah plastik yang dikelola menjadi berbagai kerajinan oleh kelompok Ibu-Ibu PKK Dusun Jabon maka sampah plastik sudah menjadi barang yang berharga karena dapat dikembangkan dan berpotensi menjadi barang yang bernilai jual tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauzan, Muchammadmuchammadfauzan1@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan aset; Sampah plastik; kesejahteraan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Fauzan Muhammad
Date Deposited: 08 Aug 2018 06:46
Last Modified: 08 Aug 2018 06:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26685

Actions (login required)

View Item View Item