Implementasi dan implikasi metode flat pada pembiayaan murabahah di BMT Madani Sepanjang Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Luthfi, Akhmad Idhom Kholid (2018) Implementasi dan implikasi metode flat pada pembiayaan murabahah di BMT Madani Sepanjang Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Akhmad Idhom Kholid Luthfi_C04213006.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana mekanisme pembiayaan mura>bah}ah pada BMT Madani Sepanjang Sidoarjo, bagaimana metode pengakuan margin murabahah pada BMT Madani Sepanjang Sidoarjo dan bagaimana analisis implementasi serta implikasi dari metode pengakuan margin murabah}ah pada BMT Madani Sepanjang Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus pada objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi dokumentatif dan didukung dengan wawancara langsung pada account officer, account officer mikro, unit head dan pimpinan lembaga sebagai pihak yang menangani langsung proses pembiayaan murabahah. Wawancara dilakukan untuk menggali informasi terkait permasalahan yang peneliti angkat. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskripstif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pengakuan margin murabahah pada pembiayaan mura>bah}ah di BMT Madani Sepanjang Sidoarjo dengan menggunakan metode flat yaitu angsuran harga pokok dan angsuran margin besarnya sama tiap angsuran per bulan selama jangka waktu yang telah disepakati. Tujuan dari penerapan metode flat yaitu tercapainya prinsip keadilan antara nsabah dan pihak lembaga. Dampak yang terjadi jika menggunakan metode flat yaitu kedua pihak tidak ada yang saling dirugikan, ini adalah tujuan lembaga menerapkan metode flat. Pelaksanaan pembiayaan murabahah dan penggunaan metode pengakuan margin murabahah di BMT Madani Sepanjang Sidoarjo sudah memenuhi ketentuan syariah berdasarkan Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Luthfi, Akhmad Idhom Kholidkholididhom88@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank Islam
Bank Koperasi
Ekonomi Islam
Uncontrolled Keywords: Metode penetapan harga; metode flat; murabahah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Luthfi Akhmad Idhom Kholid
Date Deposited: 08 Aug 2018 04:10
Last Modified: 08 Aug 2018 04:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26675

Actions (login required)

View Item View Item