Analisis semiotika pesan moral Islami dalam Film Kurang Garam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Norlailia, Sofi (2018) Analisis semiotika pesan moral Islami dalam Film Kurang Garam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
SofiI Norlailia_B06214020.pdf

Download (18MB)

Abstract

Pada era informasi saat ini, siapa saja dapat mengakses informasi dengan bebas. Untuk itu, media memiliki peran penting sebagai pembentuk moral agar lebih baik dengan memberikan adanya tayangan yang dapat membentuk moral bagi pemirsanya. Pelaksanaan dakwah Islam tidak hanya bisa dilakukan melalui ceramah agama di masjid, mushola, atau pengajian. Film juga dapat digunakan sebagai media dalam berdakwah. Film merupakan salah satu alat media komunikasi yang paling efektif untuk menyampaikan suatu pesan sosial maupun pesan moral kepada khalayak. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah tentang Penelitian ini pesan moral Islami yang ada pada film Kurang Garam dan juga makna tanda berdasarkan representamen, objek, dan interpretant. Penelitian ini menggunakan pendekatan kritis dengan model analisis semiotik Charles Sanders Peirce untuk menganalisis pesan moral islami dalam film Kurang Garam. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni dengan dokumentasi. Dalam menganalisis yakni terdapat tiga unsur representamen, objek, dan interpretant.Dari penelitian tersebut, peneliti menemukan banyak sekali pesan moral Islami dalam film Kurang Garam terutama dengan berusaha dan berdoa kepada Allah serta mengimbangi dengan mengamalkan ajaran-ajaran agama Islam dengan melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya niscaya Allah pasti akan mengabulkan doa-doa hambanya. Apabila kita diberi nikmat maka bersyukurlah niscaya Allah juga akan menambah nikmat tersebut. Dalam kaitannya, objek disini terlihat pada gaya bicara, gestur tubuh dan dialog yang muncul sebagai tanda lalu diproses oleh peneliti dan kemudian hasilnya disimpulkan menggunakan bahasa peneliti. Selanjutnya interpretant merupakan interpretasi seseorang tentang tanda. Pada hakikatnya, representamen dan interpretan adalah tanda, hanya saja representamen hadir mendahului interpretant. Interpretant dalam film Kurang Garam ini merupakan penafsiran peneliti yang dihasilkan dari representamen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Norlailia, Sofisofinorlailia@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Semiotika
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Film > Film -- Aspek Keagamaan
Keywords: Film; Kurang Garam; Representamen; Interpretant; Objek
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Norlailia Sofi
Date Deposited: 09 Aug 2018 02:56
Last Modified: 09 Aug 2018 02:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26643

Actions (login required)

View Item View Item