Gerakan menuju kampung hijau berbasis payment environmental service (PES) di Desa Kepuhrejo Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfiana, Fitria Tahta (2018) Gerakan menuju kampung hijau berbasis payment environmental service (PES) di Desa Kepuhrejo Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
FITRIA TAHTA ALFIANA_B92214062.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang upaya masyarakat untuk mencapai tujuan kampung hijau berbasis payment environmental service (PES) melalui revitalisasi bank sampah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui upaya memandirikan kembali masyarakat serta mengetahui perilaku masyarakat dalam mengaplikasikan prinsip imbal jasa lingkungan atau dalam banyak literatur lingkungan menyebutnya PES. Hal tersebut disebabkan adaptasi yang pernah dilakukan masyarakat mengalami kegagalan sehingga pola perilaku yang terjadi bersifat momentum. Kondisi demikian menyebabkan masyarakat tidak lagi melakukan pengepulan sampah, sebagian besar sampah dibuang secara sembarangan ke sepanjang bantaran sungai serta pekarangan. Perilaku demikian yang menyebabkan banjir serta merusak kualitas tembakau masyarakat Desa Kepuhrejo Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang. Berdasarkan penjelasan di atas, maka penulis menggunakan metode penelitian sosial yang linear dengan permasalahan tersebut yakni kualitatif melalui pendekatan Participatory action Research (PAR). PAR tergabung dari tiga kata kunci yakni partisipasi, riset, dan aksi yang dirancang untuk mengkonsep suatu perubahan berbasis masalah. Penulis menekankan pada masalah bank sampah yang koma, sehingga perilaku kerusakan lingkungan kembali dilakukan oleh masyarakat. Dalam prosesnya, penulis bersama pengurus Bank Sampah Karya Asri mengajak kembali masyarakat untuk melakukan perilaku cinta lingkungan. Melalui Bank Sampah Karya Asri masyarakat turut bersumbangsi untuk mewujudkan kampung hijau. Bank sampah tersebut berperan sebagai wadah masyarakat untuk melakukan perilaku imbal jasa lingkungan yakni dengan tidak lagi membuang sampah sembarangan, mengolah sampah menjadi tabulapot, mengolah sampah menjadi pupuk kompos, mendaur ulang sampah plastik menjadi bunga dan tas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfiana, Fitria TahtaRista.tc@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kimia
Lingkungan Hidup
Pemberdayaan
Ekologi
Uncontrolled Keywords: Bank Sampah, Kampung Hijau, Payment Environmental Service
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Alfiana Fitria Tahta
Date Deposited: 08 Aug 2018 02:58
Last Modified: 08 Aug 2018 02:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26638

Actions (login required)

View Item View Item