Pemodelan sebaran panas limbah air kanal pendingin PT.PJB UP Muara Karang pasca dan masterplan reklamasi serta analisis hubungannya terhadap kelimpahan Fitoplankton

Islami, Alfath (2018) Pemodelan sebaran panas limbah air kanal pendingin PT.PJB UP Muara Karang pasca dan masterplan reklamasi serta analisis hubungannya terhadap kelimpahan Fitoplankton. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfath Islami_H94214024.pdf

Download (5MB)

Abstract

Masuknya limbah panas air kanal pendingin PLTU ataupun PLTGU ke laut, berpotensi mengganggu keberlangsungan ekosistem pesisir dan laut. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pola arus dan sebaran panas limbah air kanal pendingin di perairan pesisir Muara Karang pada kondisi pasca dan masterplan reklamasi. Selain itu dilakukan juga analisa korelasi suhu perairan terhadap kelimpahan fitoplankton guna mengetahui ada tidaknya pengaruh sebaran limbah panas terhadap kehidupan biota laut di perairan pesisir Muara Karang. Metode yang digunakan adalah pemodelan menggunakan modul hidrodinamika dan dispersi termal pada software MIKE 21. Selanjutnya untuk mengetahui korelasi suhu perairan terhadap kelimpahan fitoplankton digunakan uji korelasi spearman. Data yang digunakan untuk pemodelan yaitu batimetri, pasang surut, curah hujan, debit sungai dan limbah, angin, arus, dan suhu perairan. Hasil model kecepatan arus rata – rata berkisar 0,001 – 0,3 m/s. Model arus yang dihasilkan cukup baik dengan nilai persen error relatif <15%. Kondisi masterplan reklamasi mengakibatkan perubahan sebaran panas perairan baik pada musim timur dan musim barat. Pada titik T1, T4, T5, T6, T8, T9, dan T11 terjadi penurunan, sedangkan titik T2, T7, T10, T12, T13, T14, dan T15 mengalami peningkatan suhu. Model sebaran panas yang dihasilkan cukup baik dengan nilai persen error relatif < 15%. Perubahan sebaran panas dipengaruhi oleh perubahan pola arus. Pada musim barat suhu berkorelasi negatif terhadap kelimpahan fitoplankton dengan status lemah. Pada musim timur suhu berkorelasi positif terhadap kelimpahan fitoplankton dengan kategori sedang. Nilai signifikansi pada musim timur dan musim barat > 0,05. Hal ini menunjukan bahwa tingkat kepercayaan analisa korelasi yang didapatkan rendah (< 95%). Dengan demikian tidak terdapat hubungan nyata antara sebaran panas terhadap kelimpahan fitoplankton.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mauludiyah, Mauludiyah
Uncontrolled Keywords: Pembangkit Listrik; Sebaran Panas; Pemodelan; Fitoplankton
Subjects: Ilmu Kelautan
Lingkungan Hidup
Ekologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Islami Alfath
Date Deposited: 08 Aug 2018 03:21
Last Modified: 08 Aug 2018 03:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26628

Actions (login required)

View Item View Item