Sistem analisis sentimen publik tentang opini pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur 2018 pada dokumen twitter menggunakan naive bayes classifier

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hakimi, Fajar Darwis Dzikril (2018) Sistem analisis sentimen publik tentang opini pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur 2018 pada dokumen twitter menggunakan naive bayes classifier. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Fajar Darwis Dzikril Hakimi_H02214001.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada tahun 2018, pemilihan kepala daerah diadakan serentak di sebagian besar daerah di Indonesia. Salah satu daerah tersebut adalah Jawa Timur. Dalam pra-pelaksanaan pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur, terdapat berbagai opini masyarakat yang bersentimen positif dan negatif pada twitter. Opini tersebut dapat digunakan sebagai parameter untuk mengukur kekuatan masing-masing calon kepala daerah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kecenderungan opini masyarakat tentang pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur pada twitter. Dalam penelitian ini dilakukan beberapa tahapan yaitu crawling data twitter, pelabelan data, penghapusan data yang tidak dibutuhkan (data outlier dan netral), pre-proses data teks, pembuatan sistem klasifikasi dengan naïve bayes classifier, dan uji coba sistem pada data twitter yang lebih banyak. Metode pembobotan kata yang digunakan yaitu Term Frequency (TF) dan Term Frequency-Inverse Document Frequency (TF-IDF). Diantara kedua metode tersebut, pembobotan kata TF mempunyai hasil yang lebih baik. Dari penelitian ini diperoleh hasil performa sistem untuk masing-masing kandidat. Untuk data calon gubernur nomor urut satu didapat hasil akurasi, presisi, recall, dan f-measure berturut-turut sebagai berikut 98,99%, 93,44%, 97,78%, dan 95,56%. Selanjutnya untuk data calon kepala daerah dengan nomor urut dua diperoleh hasil akurasi, presisi, recall, dan f-measure berturut-turut sebagai berikut: 98,95%, 97,78%, 98,55%, dan 98,17%. Berdasarkan data yang diperoleh dari twitter, masyarakat Jawa Timur cenderung lebih memilih calon kepala daerah dengan nomor urut satu yaitu Khofifah Indar Parawansa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hakimi, Fajar Darwis Dzikrilfajarddh@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Analisis Sentimen; Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur; Naïve Bayes Classifier.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Hakimi Fajar Darwis Dzikril
Date Deposited: 08 Aug 2018 06:17
Last Modified: 08 Aug 2018 06:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26626

Actions (login required)

View Item View Item