Sejarah dan perkembangan Ikatan Seni Hadrah Indonesia di Waru Sidoarjo 1997-2016

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rody, M. Ainur (2018) Sejarah dan perkembangan Ikatan Seni Hadrah Indonesia di Waru Sidoarjo 1997-2016. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
M. Ainur Rody_A02213045.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam skripsi ini ada tiga hal yang dibahas yaitu: pertama bagaimana profil kecamatan Waru Sidoarjo?, kedua bagaimana keberadaan umum ISHARI di Waru Sidoarjo ?, ketiga bagaimana sejarah dan perkembangan ISHARI di Waru Sidoarjo?. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Diakronis yaitu dengan menganalisis perubahan sesuatu dari waktu ke waktu dan juga menggunakan pendekatan sosiologi yang memberikan penjelasan kausal terhadap perilaku-perilaku sosial dalam sejarah. Dalam penulisan ini metode yang digunakan penulis adalah menggunakan dua metode, yaitu metode sejarah dan etnografi. Pertama, Metode sejarah dengan tahapan heuristik (pengumpulan sumber), verifikasi (kritik), interpretasi (penafsiran), dan historiografi (penulisan sejarah). Kedua metode etnografi dengan tahapan observasi, interview, dan dokumentasi. Dan menggunakan teori Continuity and Change adalah kesinambungan dan perubahan. Berdasarkan permasalahan yang dipaparkan di atas, setelah dianalisis dapat disimpulakn bahwa: (1) Kehidupan Umat Islam di Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo adalah Mayoritas penduduk bermata pencaharian wiraswasta dan wirausaha. (2) ISHARI mempunyai struktur serta Visi dan Misi yang jelas yaitu; Visi; Meningkatkan rasa cinta “mahabbah” kepada Rasulullah SAW. Misi; menjaga dan mengembangkan kesenian hadrah serta membina ketinggian akhlaq dalam mempertinggi nilai-nilai kesenian Islam. (3) ISHARI tebentuk pada tahun 1918 di pasuruan Jawa Timur, dan Perkembangan ISHARI di kecamatan Waru sendiri pada tahun 1997-2016 mengalami perkembangan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun dari aktifitas-aktifitas rutin yang biasa dilakukan para anggota Ishari setiap tahunnya sampai sampai berkembangnya pemikiran-pemikiran yang kritis dari pengurus baru dalam periode sekarang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rody, M. AinurAinurrody54@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Sejarah
Budaya
Keywords: Sejarah dan Perkembangan Ikatan Seni Hadrah Indonesia
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Rody M. Ainur
Date Deposited: 08 Aug 2018 07:56
Last Modified: 08 Aug 2018 07:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26596

Actions (login required)

View Item View Item