Sejarah perkembangan Yayasan Persyada Al Haromain Surabaya tahun 1990-2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmatullah, Rahmatullah (2018) Sejarah perkembangan Yayasan Persyada Al Haromain Surabaya tahun 1990-2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Rahmatullah_A02214017.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

SSkripsi ini berjudul “Sejarah Perkembangan Yayasan Persyada Al Haromain. Di Surabaya Tahun 1990-2017 M”. Peneliti memberikan batasan permasalahan pada tiga hal, yaitu: (1). Bagaimana sejarah berdirinya Yayasan Persyada Al Haromain di Surabaya? (2). Bagaimana perkembangan Yayasan Persyada Al Haromain 1990-2017 M? (3). Apa faktor pendukung dan penghambat Yayasan Persyada Al Haromain Surabaya?. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penulisan skripsi ini disusun dengan menggunakan metode penelitian sejarah, yaitu: Heuristik (pengumpulan sumber),Verifikasi (kritik sumber), Interpretasi (penafsiran sumber) dan Historiografi (penulisan sejarah). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis prespektif diakronis (mendeskripsikan peristiwa yang terjadi pada masa lampau secara kronologis yang berdimensi waktu) dan pendekatan sosiologi sebagai ilmu bantu penelitian sejarah (mendeskripsikan intraksi-intraksi sosial dalam sebuah lembaga sosial). Sedangkan teori yang digunakan untuk menganalisis adalah teori Continuity and Change (kesinambungan dan perubahan) dan ilmu sosiologi yaitu Social Institution (lembaga kemasyarakatan). Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) Yayasan Persyada Al Haromain Surabaya berdiri pada tahun 1990 M dengan akta notaris Trining Ariswati S.H. No: C.115-HT.03-07-Th.1990 dan didirikan oleh KH. M. Ihya Ulumuddin dan murid KH. M. Ihya Ulumuddin Drs. Raden Arif Wibowo Msi,Akhmad Fatkhurrahman S.E dan para aktifis dakwah kampus Surabaya berawal dari sebuah Majlis Taklim yayasan ini berkedudukan di Ketintang Surabaya. (2) Perkembangan sarana dan prasarana dibagi menjadi 2 yaitu fase awal berdiri dan fase perkembangan seiring berjalannya waktu yayasan mendirikan sebuah lembaga Pendidikan yang menaungi TKIT Wildani 1, SDIT Ghilmani, TKIT Wildani 2, dan TPA Waladi adapun di bidang Sosial mendirikan sebuah Lazis Al Haromain, dan bidang Dakwah meliputi kegiatan-kegiatan Yayasan Persyada Al Haromain. (3)Faktor pendukung dan penghambat dalam perkembangan Yayasan Persyada Al Haromain terbagi dalam 2 faktor yaitu internal dan eksternal. Faktor internal Yayasan Persyada Al Haromain yaitu peran aktif KH. M. Ihya Ulumuddin, kerja keras pengurus yayasan, loyalitas anggota, niat semata-mata karena Allah SWT, dan kualitas sumber daya manusia sedangkan dari eksternal dukungan dari masyarakat sekitar, dukungan dari jamaah Majlis Taklim KH. M. Ihya Ulumuddin, letak Geografis yang strategis. Adapun penghambat internal yaitu terbatasnya sarana dan prasarana sedangkan eksternal yaitu tingkat keamanan yayasan kurang baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmatullah, Rahmatullahandhirahmad99@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Rahmatullah Rahmatullah
Date Deposited: 09 Aug 2018 03:08
Last Modified: 09 Aug 2018 03:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26595

Actions (login required)

View Item View Item