”Optimalisasi industri pengolahan Jahe untuk meningkatkan perekonomian masyarakat” upaya pemberdayaan Petani Desa Siki Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widadi, Karimah Wahyu (2018) ”Optimalisasi industri pengolahan Jahe untuk meningkatkan perekonomian masyarakat” upaya pemberdayaan Petani Desa Siki Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Karimah Wahyu Widadi_B02214005.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang proses pendampingan kepada ibu-ibu Yasinan RW 03 di Dusun Gondang Desa Siki yang mengalami permasalahan tentang melemahnya kemampuan petani dalam pengolahan pasca panen, mereka kurang mengerti cara penanaman, perawatan dan pemanfaatan yang baik. Akibatnya pertani seperti ini, ekonomi mereka pada sektor pertanian tergolong rendah, selain itu masyarakat belum bisa mengelola hasil pertanian jahe untuk memperoleh hasil yang maksimal serta kurangnya keterampilan masyarakat. Pada kegiatan pendampingan ini, peneliti menggunakan metode penelitian Partcipatory Action Research (PAR). Metode pendekatan yang lebih mengedepankan partisipasi masyarakat sebagai subjek perubahan, awal kegiatan yaitu mulai dari pengolahan data, melakukan aksi perubahan sampai dengan evaluasi. Sehingga ketika pendamping sebagai fasilitator sudah tidak berada bersama mereka, diharapkan permasalahan-permasalahan yang terjadi dikalangan mereka dapat diselesaikan secara mandiri tanpa bergantung pada pihak luar. Kegiatan pemberdayaan dilakukan melalui pelatihan dan ujicoba pembuatan jahe instan (serbuk jahe) sebagai upaya memberikan pengetahuan dan keterampilanmereka, mulai pertemuan untuk belajar bersama mengetahui dari kegunaan potensi yang mereka punyai. Dan hasilnya, masyarakat petani mulai memahami bahwa potensi yang mereka miliki memiliki nilai jual rendah menjadi bernilai jual tinggi setelah mengetahui pengetahuan dan kreatifitas yang mereka miliki. Penglahan jahe instan (serbuk jahe), mampu mensejahterakan perekonomian masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widadi, Karimah Wahyukarimahwahyuwidadi27@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pemberdayaan
Wirausaha
Keywords: Pemberdayaan Petani; Pendapatan Rendah; Pelatihan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Widadi Karimah Wahyu
Date Deposited: 08 Aug 2018 03:55
Last Modified: 08 Aug 2018 03:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26592

Actions (login required)

View Item View Item