Pemberdayaan kelompok Wanita Tani Dahlia melalui optimalisasi janggelan dalam meningkatkan pendapatan masyarakat Desa Siki Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahidah, Ani'atul (2018) Pemberdayaan kelompok Wanita Tani Dahlia melalui optimalisasi janggelan dalam meningkatkan pendapatan masyarakat Desa Siki Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ani'atul Wahidah_B02214002.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Dahlia melalui optimalisasi Janggelan. Rendahnya pendapatan petani disebabkan oleh kurang terkelolanya hasil panen lokal, padahal banyak hasil panen yang bisa dikembangkan. Proses pemberdayaan ini dilakukan dengan cara mengolah janggelan menjadi jell janggelan, Kripik Janggelan dan Serbuk Janggelan. Tiga produk tersebut dijadikan sebagai usaha Kelompok Wanita Tani Dahlia dengan tujuan agar dapat menambah pendapatan dalam keluarga. Dalam pendampingan ini peneliti menggunakan metode penelitian sosial Parsitipatory Action Research (PAR). PAR terdiri dari tiga kata yang saling berhubungan yaitu partisipasi, riset dan aksi. PAR di konsepkan untuk menciptakan perubahan dalam tiap prosesnya, dimana semua proses pemberdayaan dilakukan secara partisipatif bersama kelompok mulai dari kegiatan penggalian data, perencanaan, proses aksi hingga pelaksanaan evaluasi. Peneliti ingin merubah paradigma dan keterampilan petani dalam mengelola hasil panen lokal. Melalui pembentukan Kelompok Wirausaha Bersama Langgeng Jaya dan pelatihan keterampilan dalam pegolahan hasil panen menghasilkan pengetahuan dan keterampilan Kelompok Wanita Tani Dahlia untuk memanfaatkan dan mengelola hasil panen menjadi produk yang bernilai ekonomis dan bernilai jual lebih tinggi dibandingkan hanya menjual mentah saja. Pencapaian yang diperoleh yaitu adanya kerjasama kelompok untuk mengembangkan wirauaha bersama untuk meningkatan pendapatan masyarakat petani khususnya kelompok Wanita Tani Dahlia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahidah, Ani'atulanikwahidah7@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pemberdayaan
Wirausaha
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Kelompok Wanita Tani Dahlia; Janggelan; Kewirausahaan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Wahidah Ani'atul
Date Deposited: 08 Aug 2018 02:25
Last Modified: 08 Aug 2018 02:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26589

Actions (login required)

View Item View Item