Improvisasi lagu Lingsir Wengi versi Sunan Kalijaga menggunakan barisan Fibonacci Dan Golden Ratio

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Astinah, Mey Dia (2018) Improvisasi lagu Lingsir Wengi versi Sunan Kalijaga menggunakan barisan Fibonacci Dan Golden Ratio. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mey Dia Astinah_H72214010.pdf

Download (2MB)

Abstract

Seni erat kaitannya dengan matematika. Hal ini terbukti dengan adanya unsur matematika yaitu barisan bilangan Fibonacci dan Golden Ratio. Pada penelitian ini, dengan adanya unsur bilangan Fibonacci dan Golden Ratio, komposisi musik dianggap lebih indah terlepas dari ya atau tidaknya pendengar menyadari adanya unsur tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara matematis lagu Lingsir Wengi. Selanjutnya dilakukan perbandingan keindahan instrumen lagu Lingsir Wengi asli dengan Lingsir Wengi setelah aransemen yang dianalisis menggunakan Uji Wilcoxon. Instrumen lagu sebelum dan sesudah aransemen berturut-turut mengandung unsur Fibonacci sebesar 12,658% dan 100%. Unsur Golden Ratio berturut-turut dapat dilihat dari letak G.R. yang jatuh pada nada ke-145 pada bagian pertengahan reff pengulangan ke-2 dan letak r.G.R. yang jatuh pada nada ke-147 yang juga berada pada bagian pertengahan reff pengulangan ke-2. Ketepatan instrumen lagu asli mencapai 76,3907% baik di nilai G.R dan r.G.R dan setelah diaransemen meningkat menjadi 97,4660% untuk nilai G.R dan 99,0729% untuk r.G.R. Berdasarkan Uji Wilcoxon dengan taraf 5% didapati bahwa instrumen lagu Lingsir Wengi sebelum aransemen lebih indah dari instrumen lagu Lingsir Wengi setelah aransemen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Astinah, Mey Diameydia.astinah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Seni; Fibonacci; Golden Ratio; Lingsir Wengi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Astinah Mey Dia
Date Deposited: 08 Aug 2018 04:23
Last Modified: 08 Aug 2018 04:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26584

Actions (login required)

View Item View Item