Implementasi Kriptografi pada teks menggunakan algoritma tanam padi dan bajak sawah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahmudah, Mif'atul (2018) Implementasi Kriptografi pada teks menggunakan algoritma tanam padi dan bajak sawah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mif'atul Mahmudah_H72214011 .pdf

Download (2MB)

Abstract

Berkembangnya teknologi dan komunikasi memudahkan manusia dalam bertukar informasi dengan dunia luar, sehingga keamanan data yang dikirim rawan terhadap penyadapan. Untuk menghindari penyadapan data ataupun informasi yang akan dikirim perlu dilakukan pengamanan, salah satu ilmu yang dapat digunakan dalam mengamankan data adalah kriptografi. Tujuan dari penelitian ini adalah penyandian teks dan penguraian proses enkripsi dan dekripsi menggunakan algoritma tanam padi dan bajak sawah. Metode tersebut dipilih karena memiliki kecepatan enkripsi dan dekripsi lebih cepat dibandingkan dengan metode AES (Advanced Encryption Standard). Proses pembangkitan kunci dimulai dengan merubah kunci yang telah ditentukan yaitu “muslimah” kedalam bentuk biner, selanjutnya pemasukan dan pengambilan bit dengan pola bajak sawah diproses hingga delapan kali, diperoleh hasil akhir yaitu: 00111111 01100101 01101000 01010000 11001101 11110000 01111100 01011110. Proses enkripsi dimulai dengan merubah plainteks “mahmudah” kedalam bentuk biner, selanjutnya pemasukan dan pengambilan bit dilakukan dengan pola tanam padi, hasil dari pengambilan plainteks dan pembangkitan kunci kemudian di XoRkan, diproses sampai delapan putaran, sehingga menghasilkan enkripsi “u ́EOTe ̀Zu ̈u ⃛bu”. Proses dekripsi yaitu chipperteks di XoR kan dengan kunci yang telah dibangkitkan. Hasil XoR dimasukan kedalam bit menggunakan pola pengambilan plainteks dan diambil dengan pola pemasukan plainteks, setelah itu hasilnya di XoR kan dengan kunci yang telah dibangkitkan. Proses tersebut diulang sampai delapan kali putaran, menhhasilkan dekripsi yaitu “mahmudah”.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahmudah, Mif'atulatulmahmudah08@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Plainteks, Kunci, Kriptografi, Tanam padi, Bajak sawah, Block chipper
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Mahmudah Mif'atul
Date Deposited: 08 Aug 2018 04:03
Last Modified: 08 Aug 2018 04:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26572

Actions (login required)

View Item View Item