Korelasi antara presepsi murid tentang gaya mengajar guru dengan motivasi ekstrinsik belajar PAI siswa Di MTsN 1 Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmi, Mayangsari Nikmatur (2018) Korelasi antara presepsi murid tentang gaya mengajar guru dengan motivasi ekstrinsik belajar PAI siswa Di MTsN 1 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mayangsari Nikmatur Rahmi_D01214013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana gaya mengajar guru PAI di MTsN 1 Kota Surabaya? (2) Bagaimana motivasi belajar PAI di MTsN 1 Kota Surabaya? (3) Bagaimana korelasi gaya mengajar guru dengan motivasi belajar ekstrinsik PAI siswa di MTsN 1 Kota Surabaya? Penelitian ini dilatar belakangi oleh tantangan dunia global semakin besar sehingga pemerintah perlu menyiapkan generasinya dengan bekal yang cukup, bekal ini ditanamkan atau diberikan melalui proses Pendidikan yang baik. Pendidikan yang baik itu memerlukan guru yang memiliki kompetensi yang cukup professional. Kompetensi tersebut salah satunya variasi gaya mengajar sehingga dengan kompetensi guru yang mempuni. Motivasi siswa akan baik dan dapat belajar dengan baik serta bekal belajar yang baik jika seorang guru memiliki gaya mengajar yang professional sehingga siswa bisa mumpuni akan menerima apa yang sudah diajarkan dan berani menjawab tantangan apapun yang diberikan oleh guru. Data-data penelitian dihimpun dari siswa MTsN sebesar 80 siswa sebagai obyek penelitian. Dan mengumpulkan data menggunakan angket dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk ke dalam peniltian kuantitatif, untuk analisis datanya menggunakan persentasi dan product moment. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan rumus persentase dan regresi linier dapat disimpulkan bahwa : (1) persentase gaya mengajar guru yakni cukup baik dengan nilai rata-rata 79,76 (2) persentase motivasi ekstrinsik belajar PAI di MTsN 1 Kota Surabaya yakni cukup baik dengan nilai rata-rata 23,58 (3) Ada pengaruh yang signifikan antara gaya mengajar guru dengan motivasi ekstrinsik belajar PAI di MTsN 1 Kota Surabaya, dengan hasil perhitungan product moment diperoleh 47 % gaya mengajar guru mempengaruhi motivasi ekstrinsik belajar PAI.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmi, Mayangsari Nikmaturmygsari96@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Presepsi; Gaya Mengajar Guru; Motivasi Ekstrinsik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rahmi Mayangsari Nikmatur
Date Deposited: 08 Aug 2018 01:59
Last Modified: 08 Aug 2018 01:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26565

Actions (login required)

View Item View Item