Perancangan Aplikasi Kriptografi Image menggunakan metode Advanced Encryption Standard (AES)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afifah, Nur (2018) Perancangan Aplikasi Kriptografi Image menggunakan metode Advanced Encryption Standard (AES). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Afifah_H72214019.pdf

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan teknologi memberikan dampak yang signifikan terhadap kemajuan di segala bidang kehidupan, baik dampak positif maupun negatif. Diantara dampak negatif yaitu tindak kejahatan seperti pencurian, pembobolan dan lain-lain. Dalam bidang komunikasi keamananan suatu informasi merupakan hal yang sangat penting. Kerahasiaan data menjadi prioritas sehingga untuk menjaga keamanan suatu informasi diperlukan suatu aplikasi yang dapat mengenkripsikan data tersebut. Salah satu ilmu yang digunakan untuk membuat aplikasi keamanan suatu data adalah kriptografi. Dalam kriptografi ada banyak metode yang bisa digunakan untuk mengenkripsikan suatu data namun metode yang paling baik yaitu metode Advanced Encripton Standart (AES). Sehingga pada pembuatan aplikasi kriptografi ini menggunakan metode tersebut dan data yang digunakan berupa citra. Dalam proses pembuatan aplikasi dengan metode ini melalui beberapa tahapan diantaranya yiatu proses enkripsi, dekripsi, pembangkitan kunci dan pengujian terhadap metode yang digunakan. Pengujian tersebut berupa crop, blur, dan enhancement yang dilakukan pada citra ciphertext. Hasil dari enkripsi dan dekripsi yang dilakukan diketahui bahwa metode ini berhasil diaplikasikan terhadap citra. Sedangkan pada pengujian serangan yang dilakukan didapatkan bahwa metode ini tahan terhadap serangan cropping, namun tidak tahan terhadap serangan blurring dan enhancement.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afifah, Nurafifahaziec22@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Kriptografi; Citra; Advanced Encryption Standard; Serangan; Enkripsi Dekripisi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Afifah Nur
Date Deposited: 08 Aug 2018 06:15
Last Modified: 08 Aug 2018 06:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26563

Actions (login required)

View Item View Item