Deteksi jarak pandang aman sebagai acuan untuk keselamatan penerbangan dengan menggunakan metode Backpropagation

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hakim, Moch Rizki Kurniawan (2018) Deteksi jarak pandang aman sebagai acuan untuk keselamatan penerbangan dengan menggunakan metode Backpropagation. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch Rizki Kurniawan Hakim_H72214017.pdf

Download (7MB)

Abstract

Delay adalah sebuah istilah yang digunakan ketika pesawat mengalami keterlambatan saat terbang maupun mendarat beberapa penyebabnya antara lain karena cuaca buruk, masalah teknis pada pesawat, belum lengkapnya awak pesawat, dan lain-lain. Delay diberlakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti halnya kecelakaan. Cuaca buruk adalah salah satunya penyebab delay yang jika diperkirakan atau dideteksi sedikit susah karena kondisinya yang relatif berubah-ubah tiap jamnya. Salah satu cara untuk mendeteksi cuaca buruk adalah dengan melihat jarak pandang di udara yang menurut peraturan dinas perhubungan untuk jarak aman di atas 5 kilometer sementara di bawahnya di katakan bahaya. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih awal kapan penerbangan harus ditunda atau tidak. Oleh karena itu untuk menyatakan sebuah kondisi cuaca di katakan aman untuk penerbangan salah satunya bisa dengan menggunakan metode backpropagation yang bisa di identifikasi melalui beberapa faktor seperti kecepatan angin, kelembapan udara, dan suhu diudara. Berdasarkan penelitian dengan menggunakan 720 data, didapatkan akurasi yang tinggi yakni sebesar 95,71%, recall sebesar 97,81% dan presisi sebesar 94,98%. dengan target pembelajaran sebesar 0,1 dan hidden layer sebanyak 100. Yang menunjukkan bahwa deteksi jarak pandang memiliki performa yang sangat baik,.Oleh karena itu model dapat dipakai untuk deteksi jarak pandang aman.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hakim, Moch Rizki Kurniawanmriski.khakim@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Keselamatan Penerbangan, Delay, Backpropagation
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Hakim Moch. Rizki Kurniawan
Date Deposited: 08 Aug 2018 06:29
Last Modified: 08 Aug 2018 06:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26558

Actions (login required)

View Item View Item