Implementasi algoritma Rivest Shamir Adlemant pada file citra

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fajriyah, Nofa Raihana (2018) Implementasi algoritma Rivest Shamir Adlemant pada file citra. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nofa Raihana Fajriyah_H72214018.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Keamanan data merupakan hal yang sangat penting bagi instansi maupun perusahaan. Salah satu data penting yang perlu diamankan adalah data citra. Citra merupakan pesan multimedia yang sering disalahgunakan. Sehingga diperlukan aplikasi untuk pengamanan data citra. Salah satu ilmu yang berkaitan dengan pengamanan adalah kriptografi. Algoritma Rivest Shamir Adlemant (RSA) merupakan salah satu algoritma kriptografi yang dapat digunakan untuk enkripsi dan dekripsi data. Keunggulan dari algoritma RSA adalah belum ditemukan algoritma yang tepat untuk melakukan dekripsi algoritma RSA dengan memfaktorkan bilangan yang besar menjadi faktor-faktor prima. Oleh karena itu pada penelitian ini akan diimplementasikan algoritma RSA pada file citra. Proses pengamanan data citra pada penelitian ini dimulai dari pembangkitan kunci, enkripsi, dekripsi, dan pengujian. Pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi pengujian pembangkitan kunci, pengujian citra terenkripsi, dan pengujian kemiripan menggunakan nilai MSE dan PSNR. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan untuk mengenkripsi dan mendekripsi citra dengan baik. Pada pengujian pembangkitan kunci didapatkan hasil penggunaan kunci dengan rentang yang lebih besar dapat menghasilkan citra enkripsi yang sulit dikenali. Namun, hasil enkripsi pada algoritma ini ketika diuji menggunakan enhancement, bluring, dan cropping tidak dapat kembali sesuai citra aslinya. Dari hasil MSE dan PSNR antara citra asli dengan citra hasil dekripsi nilainya mendekati 0, namun tidak 100% mirip. Hal itu disebabkan ketika proses dekripsi ada beberapa nilai pixel citra yang tidak kembali sesuai nilai semula.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fajriyah, Nofa Raihananofaraihana@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Kriptografi, RSA, Citra Digital
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Fajriyah Nofa Raihana
Date Deposited: 08 Aug 2018 03:30
Last Modified: 08 Aug 2018 03:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26554

Actions (login required)

View Item View Item