Peningkatan kemampuan berhitung menggunakan media biji tasbih berwarna pada kelompok A di Taman Kanak-Kanak Kasih Ibu Prambon Sidoarjo

Rofiqoh, Nuriana (2018) Peningkatan kemampuan berhitung menggunakan media biji tasbih berwarna pada kelompok A di Taman Kanak-Kanak Kasih Ibu Prambon Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nuriana Rofiqoh_D98214060.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan pada kelompok A di Taman Kanak-kanak Kasih Ibu Prambon Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan karena kemampuan berhitung pada kelompok A masih kurang, hal tersebut dikarenakan media yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar masih kurang. Oleh sebab itu peneliti menggunakan cara yang bisa meningakatkan kemampuan berhitung pada peserta didik menggunakan media biji tasbih berwarna. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin dan dengan bentuk kolaboratif. Model Kurt lewin merupakan acuan dasar dalam penelitian, khususnya pada penelitian tindakan kelas (PTK) karena dialah yang pertama mengenalkan penelitian tindakan. Model ini mempunyai 4 komponen yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, danrefleksi. Sedangkan yang dimaksud dengan bentuk kolaboratif dalam PTK ini adalah peneliti dan pendidik bekerja sama atau berkolaborasi dalam kegiatan pembelajaran. Hasil presentase pra siklus dalam kemampuan belajar pada indicator membilang/ menyebutkan urutan bilangan 1-10 mencapai 25%, pada indicator menyebutkan hasil penjumlahan dengan benda sampai 10 mencapai 17%, dan pada indicator menyebutkan hasil pengurangan dengan benda sampai 10 mencapai 17%. Pada siklus I mengalami peningakatan, yakni pada indicator membilang/ menyebutkan urutan bilangan 1-10 mencapai 33,3%, pada indikato rmenyebutkan hasil penjumlahan dengan benda sampai 10 mencapai 33,3%, dan pada indikato rmenyebutkan hasil pengurangan dengan benda sampai 10 mencapai 25%. Pada siklus II mengalami peningkatan, pada indicator membilang/menyebutkan urutan bilangan 1-10 mencapai 47%, pada indicator menyebutkan hasil penjumlahan dengan benda sampai 10 mencapai 47%, dan pada indicator menyebutkan hasil pengurangan dengan benda sampai 10 mencapai 33,3%. Pada siklus III mengalami peningkatan pada indicator membilang/ menyebutkan urutan bilangan 1-10 mencapai 75%, pada indicator menyebutkan hasil penjumlahan dengan benda sampai 10 mencapai 83,3%, dan pada indikato rmenyebutkan hasil pengurangan dengan benda sampai 10 mencapai 75%. Bisa disimpulkan bahwasanya kemampuan berhitung anak dapat ditingkatkan menggunakan media biji tasbih berwarna.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Ahmad, Masyhudi
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berhitung; Anak Usia Dini; Media Biji Tasbih Berwarna
Subjects: Pendidikan > Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Rofiqoh Nuriana
Date Deposited: 10 Aug 2018 07:09
Last Modified: 10 Aug 2018 07:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26542

Actions (login required)

View Item View Item