Maryam Jameelah (1934-2012) biografi dan pemikiran keislamannya tentang Modernisme dan Feminisme

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Endrie, Budi (2018) Maryam Jameelah (1934-2012) biografi dan pemikiran keislamannya tentang Modernisme dan Feminisme. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Budi Endrie_A72211093.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini mengutamakan bahasan-bahasan sebagai berikut: 1. Bagaimana biografi Maryam Jameelah, 2. bagaimana pandangan dan respon Maryam Jameelah tentang modernisme, dan 3. Bagaimana pemikiran Maryam Jameelah terhadap feminisme Islam. Pendekatan yang dilakukan dalam melakukan penelitian ini yaitu pendekatan historiskajian teks. dengan metode sejarah, penulis mengumpulkan sumber-sumber primer yang berupa buku-buku dari Maryam Jameelah, serta sumber-sumber sekunder yang dibutuhkan dalam penelitian. Kemudian peneliti melakukan kritik dan interpretasi terhadap sumber-sumber yang telah terkumpul, dan terakhir melakukan proses penulisan yaitu historiografi. teori yang digunakan dalam skripsi berikut yaitu teori studi tokoh dan pemikiran oleh Kuntowijoyo. Hasil dari penulisan skripsi ini yaitu: (1) Maryam Jameelah awalnya adalah pemeluk agama Yahudi, yang kemudian setelah mengalami berbagai penolakan dan tekanan, ia memutuskan untuk berpindah agama menjadi seorang muslim. Sejak ia memutuskan menjadi seorang muslim, ia aktif dalam menulis buku-nuku yang mendukung Islam ortodoks. (2) Maryam Jameelah, karena iaberpegang pada Islam tradisional, sangat menentang ide-ide modernisme yang berasal dari Barat. Ia pun mengeritik para muslim yang ikut mendukung paham modern agar diimplikasikan dalam kehidupan beragama Islam. (3) Bagi Maryam Jameelah, feminisme adalah salah satu contoh dari modernisme, tentu saja, ia juga menolak paham ini dijadikan sebagai pedoman bagi perempuan muslim dalam kehidupan sehari-hari. Cukuplah Islam sebagai way of life, karena Islam adalah agama yang telah disempurnakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Endrie, Budirie_qibthi@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Pemikiran
Keywords: Maryam Jameelah; Modernisme; Feminisme
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Endrie Budi
Date Deposited: 08 Aug 2018 06:42
Last Modified: 08 Aug 2018 06:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26540

Actions (login required)

View Item View Item