Resiliensi akademik pada penyintas bulliying di pesantren

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Habibah, Roihatul (2018) Resiliensi akademik pada penyintas bulliying di pesantren. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Roihatul Habibah_J01214024.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki fokus penelitian yaitu bagaimana gambaran Resiliensi Akademik pada Penyintas Bulliying di Pesantren, proses Penyintas Bulliying di Pesantren. Serta faktor-faktor Resiliensi Akademik pada Penyintas Bulliying di Pesantren. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara yang dilakukan kepada subjek dan significant other dan didukung oleh dokumentasi. Subjek penelitian yaitu 3 orang remaja penyintas bulliying berusia 13-18 Tahun, dan masing-masing subjek memiliki satu significant other. Penelitian ini menemukan beberapa temuan, yaitu pada masing-masing subjek memiliki persamaan dan gambaran yang sama, yaitu mearasa sakit hati, sedih dan tertekan. Proses yang dilalui pada ketiga subyek penyintas bullying mengalami keterpurukan yang mendalam dalam bersosialisasi dan belajar yang dampaknya menjadikan sulit untuk memahami pelajaran. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi pada ketiga subyek yaitu terdiri dari faktor protektif internal yakni kepercayaan diri, mampu mengamnbil keputusan yang baik, memiliki selera humor. Faktor protektif eksternal memiliki kemampuan, membentuk hubungan positif, menjujung tinggi pendidikan dan menghargai talenta yang dimiliki. Hasil tersebut menengaskan, meskipun ketiga subyek mengalami tekanan didalam pesantren, baik dalam bersossialisasi maupun belajar namun mereka telah mampu mencapai resiliensi akademik dan mendapatkan nilai akademik yang memuaskan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Habibah, Roihatulyayuibah.gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kenakalan Anak dan Remaja
Motivasi Belajar
Keywords: Resiliensi Akademik; Penyintas Bulliying
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Habibah Roihatul
Date Deposited: 08 Aug 2018 04:58
Last Modified: 08 Aug 2018 04:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26536

Actions (login required)

View Item View Item