Peranan haji masagung (tjio wie tay) dalam memajukan umat islam indonesia tahun 1975-2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kussumar, Aminah Rachim (2018) Peranan haji masagung (tjio wie tay) dalam memajukan umat islam indonesia tahun 1975-2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Aminah Rachim Kussumar_A92214096.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan historis yang bertujuan untuk menjelaskan sejarah riwayat hidup Haji Masagung dan kontribusinya dalam memajukan umat Islam Indonesia. Teori yang digunakan adalah teori peranan oleh Dahrendoff dan Runciman yang bertujuan untuk menjelaskan peran dan fungsi Haji Masagung yang dominan dalam memajukan umat Islam di Indonesia. Sedangkan metodenya menggunakan metode sejarah melalui langkah-langkah pengumpulan data, ktirik sumber, penafsiran dan penulisan sejarah.Skripsi ini menyimpulkan bahwa (1) Masagung lahir pada tanggal 8 September 1927 di Jatinegara Jakarta. Ia merupakan seorang keturunan Tionghoa peranakan dengan nama Tjio Wie Tay dan berdarah Bali. Ia putra dari pasangan Tjio Koan An dan Poppy Nio. Pendidikan formal yang ditempuhnya hanya tamatan SD. Ia juga seorang pengusaha besar dan sukses yang mengelola 9 perusahaan besar di Indonesia. Pada 24 September 1990, Haji Masagung meninggal dunia dikarenakan penyakit jantung. (2) Dalam memajukan umat Islam, Masagung melakukan banyak usaha untuk Islam, diantaranya mendirikan dua yayasan (Idayu dan Masagung), mendirikan toko buku (Gunung Agung dan Wali Sanga), dan mendirikan masjid al-A’raf. (3) Pasca meninggalnya Masagung, dapat dilihat dari kedua yayasan yang kurang diperhatikan oleh penerusnya, hingga akhirnya yayasan tersebut dibubarkan. Selain itu, kedua toko bukunya (Gunung Agung dan Wali Sanga) mengalami perkembangan naik turun, meskipun masih berkibar ditangan penerusnya. Sedangkan masjid al-A’raf mengalami perkembangan dari sisi bangunan. Dahulu masjid tersebut terletak dibelakang toko, namun sekarang bersebelahan dengan toko buku “Wali Sanga”.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kussumar, Aminah Rachimaminahrachimkussumar@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Biografi
Keywords: Peranan haji masagung ; islam indonesia
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Kussumar Aminah Rachim
Date Deposited: 08 Aug 2018 03:31
Last Modified: 08 Aug 2018 03:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26531

Actions (login required)

View Item View Item