Pendampingan kelompok tani Margo Rukun dalam menanggulangi ketergantungan bahan kimiawi di Dusun Krajan Desa Terbis Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek

Nasiah MZ, Helmatun (2018) Pendampingan kelompok tani Margo Rukun dalam menanggulangi ketergantungan bahan kimiawi di Dusun Krajan Desa Terbis Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Helmatun Nasiah MZ_B92214052.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang proses pengorganisasian masyarakat petani di Dusun Krajan Desa Terbis Kabupaten Trenggalek yang mengalami ketergantungan terhadap bahan kimiawi dalam sektor pertanian. Tujuan dari proses pengorganisasian ini untuk mengurangi ketergantungan petani terhadap input kimia dalam sektor pertanian di Dusun Krajan. Sehingga petani dapat mengubah sedikit demi sedikit penggunaan bahan kimia kepada bahan yang lebih ramah lingkungan. Pada penelitian kali ini, peneliti menggunakan metode penelitian Participatory Action Riset (PAR). Metode PAR lebih mengedepankan partisipasi masyarakat di setiap prosesnya. Mulai dari penggalian data, kegiatan yang akan dilakukan, sampai evaluasi kegiatan. Salah satu teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori ketergantungan. Mahalnya biaya operasional dalam sektor pertanian sering membuat petani resah. Terlebih jika terdapat kelangkaan pupuk yang selama ini disubsidi oleh pemerintah. Sehingga langka yang diambil masyarkat bersama peneliti dalam penelitian ini yakni mengadakan kegiatan yang diharapkan dapat memicu kesadaran dan keterampilan petani untuk merubah perilaku ketergantungan terhadap penggunaan pupuk dan pestisida kimia selama ini. Sasaran subjek penelitian kali ini yakni petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Margo Rukun di Dusun Krajan. Partisipasi yang terbangun terbilang cukup dengan diadakannya kegiatan pendidikan pertanian yang ramah linkungan, kampanye bahaya pertanian yang tidak ramah lingkunan, dan pelatihan penguatan kapasitas lembaga Kelompok Tani Margo Rukun.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Fitriyah, Ries Dyah
Uncontrolled Keywords: Bahan kimia; masyarakat
Subjects: Lingkungan Hidup
Pemberdayaan
Pertanian
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nasiah MZ Helmatun
Date Deposited: 08 Aug 2018 06:53
Last Modified: 08 Aug 2018 06:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26507

Actions (login required)

View Item View Item