Konvergensi Pers Mahasiswa : studi kasus konvergensi media di Lembaga Pers Mahasiswa Solidaritas dan Lembaga Pers Mahasiswa Ara Aita Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfarisi, Lukman (2018) Konvergensi Pers Mahasiswa : studi kasus konvergensi media di Lembaga Pers Mahasiswa Solidaritas dan Lembaga Pers Mahasiswa Ara Aita Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Lukman Alfarisi_B01214003.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji konvergensi media yang terjadi pada pers mahasiswa, dimana studi kasusnya adalah di Lembaga Pers Mahasiswa Solidaritas dan Lembaga Pers Mahasiswa Ara Aita, yang keduanya masing-masing mewakili lembaga pers mahasiswa institut dan fakultas, serta telah mengembangkan media baru berupa media online.Fenomena munculnya media online dijadikan sebagai salah satu bentuk konvergensi dikalangan media konvensional yang kemudian diikuti oleh pers mahasiswa. Hal ini diakibatkan oleh hadirnya teknologi dan jaringan internet yang semakin berkembang. Perkembangan tersebut disambut baik oleh media konvensional dan pers mahasiswa untuk mengembangkan medianya melalui bentuk konvergensi yang dilakukan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, penelitian ini memberikan gambaran yang mendalam bagaiamana konvergensi dilakukan oleh pers mahasiswa, baik bentuk, tahapan serta dampaknya. Melalui teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi, penelitian ini berhasil menemukan konvergensi yang dilakukan oleh kedua pers mahasiswa tersebut berbentuk Konvergensi Telematika, Konvergensi Newsgathering dan Konvergensi Newsroom.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Hakim, Lukman
Uncontrolled Keywords: Konvergensi Media, Pers Mahasiswa
Subjects: Aborsi
Aborsi

Komunikasi
Media Massa
Penyiaran Islam
Jurnalisme
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Alfarisi Lukman
Date Deposited: 08 Aug 2018 08:19
Last Modified: 08 Aug 2018 08:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26502

Actions (login required)

View Item View Item