القيم الإجتماعية في رواية "عصفور من الشرق" لتوفيق الحكيم : بحث في الأدبي الإجتماعي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Ninatum (2018) القيم الإجتماعية في رواية "عصفور من الشرق" لتوفيق الحكيم : بحث في الأدبي الإجتماعي. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ninatum Maghfiroh_A91214103.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus permasalahan dalam skripsi ini adalah (i) bagaimana sinopsis dari novel, (ii) bagaimana bentuk nilai sosial dalam novel, dan (iii) apa saja jenis nilai sosial yang terdapat dalam novel.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sinopsis dari novel tersebut, untuk mengetahui bentuk nilai sosial yang terdapat dalam novel juga untuk mengetahui jenis nilai sosial yang ada di dalam novel. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sosiologi sastra yang ditinjau dari karya sastra itu sendiri, yaitu untuk mengungkapkan nilai-nilai sosial yang terdapat dalam novel tersebut.Hasil penelitian menyimpulkan:
1. isi cerita“Ushfur Min Asy Syarq” bahwa ada seorang pemuda Timur Tengah yang menempuh pendidikan di Perancis. Pemuda tersebut bernama Muhsin. Dia di juluki oleh sahabatnya dengan nama “Burung Pipit dari Timur”. Di Perancis ia tinggal dengan seorang bernama Andre dan keluarganya yang hanya bekerja menjadi buruh pabrik. Dia mendapatkan banyak pengalaman baru. Namun tak jarang pengalaman tersebut merupakan pengalaman menyedihkan. Seperti suatu hari ia bertemu dengan seorang perempuan yang menurutnya sangat sempurna. Namun dia tidak mengetahui nama dari perempuan itu. Kemudian dia berniat untuk mengetahui namanya dengan mengikuti perempuan itu. Sampai akhirnya dia pun mengetahui tempat tinggal si perempuan dan ternyata perempuan tersebut tinggal di sebuah apartemen. Dengan tekad yang bulat untuk berkenalan dengan perempuan itu, Muhsin pun memutuskan untuk tinggal di apartemen tersebut dan meninggalkan keluarga Andre. Setelah lama dia tinggal di apartemen itu, akhirnya dia mengetahui siapa nama perempuan tersebut. Nama perempuan itu adalah Suzy, karena sejak awal Muhsin sangat tertarik dengan perempuan itu, maka dia selalu mencari kesempatan untuk berkenalan dengannya. Sampai akhirnya mereka berkenalan, lama kelamaan mereka menjadi sangat dekat dan nyaman antara satu dengan yang lain. Sampai akhirnya Muhsin mengutarakan isi hatinya ke Suzy dan Suzy pun menerimanya karena dia juga tertarik dengan pemuda dari Timur itu. Hari berganti hari Muhsin dan Suzy pun semakin mesra sampai akhirnya suatu hari Muhsin mengetahui bahwa Suzy telah memiliki seorang kekasih. Dia pun sangat kecewa dan marah. Pada saat dia terombang ambing dengan perasaannya itu, dia bertemu dengan sosok seorang Ivan, yang mana dia adalah seorang buruh pabrik yang sangat bijaksana. dia banyak bercerita apapun kepada Muhsin sehingga Muhsin sangat bersyukur telah bertemu dengan Ivan.Muhsinpun banyak menerima saran darinya.Akhirnya dengan bantuan dari Ivan yang selalu memberikan motivasi dan saran kepadanya, dia pun tersadar dari keterpurukannya selama ini. Muhsin kemudian kembali ke negaranya dan melanjutkan hidupnya. 2. Bentuk nilai sosial dalam novel Burung Pipit dari Timur karya Taufiq al Hakim adalah tentang tolong menolong, kepedulian dan empati. 3. jenis nilai sosial dalam novel Burung Pipit dari Timur karya Taufiq al Hakim adalah berupa nilai akhlak dengan cara membantu sesama. Dengan demikian, temuan baru hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam novel Burung Pipit dari Timur karya Taufiq al Hakim terdapat nilai sosial berupa sifat yang terpuji seperti menolong orang lain yang sedang membutuhkan pertolongan berupa materi dan non materi, perduli kepada orang lain yang sedang dalam keterpurukan dan ber empati kepada orang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Ninatumninatummaghfiroh555@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sosiologi
Keywords: Nilai Sosial; Novel
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Maghfiroh Ninatum
Date Deposited: 08 Aug 2018 08:34
Last Modified: 08 Aug 2018 08:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26495

Actions (login required)

View Item View Item