Politainment media televisi di Indonesia: studi tentang konstruksi aktor politik dalam tayangan televisi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Clarissa Aisyah (2018) Politainment media televisi di Indonesia: studi tentang konstruksi aktor politik dalam tayangan televisi. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Clarissa Aisyah Putri_B76214063.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini, terdapat dua rumusan masalah, yaitu 1) bagaimana bentuk program acara di media televisi Indonesia yang mengandung unsur politainment, 2) bagaimana media mengkonstruksi aktor politik melalui tayangan televisi dengan unsur politainment di Indonesia berdasarkan model analisis framing Zhongdan Pan dan Gerald M Kosicki. Penelitian ini menggunakan paradigma kritis, hal ini diharapkan agar mampu menyelidiki lebih mendalam mengenai konstruksi yang dilakukan media televisi di Indonesia pada aktor politik melalui program acara yang mengandung unsur politainment. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan teori konstruksi realitas untuk mengetahui bentuk konstruksi seperti apa yang dilakukan televisi.Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa, 1) terdapat berbagai macam bentuk program televisi yang mengandung unsur politainment, yaitu talkshow, disisipkan ke dalam sinetron atau reality show, atau mengungkap kisah pribadi atau human interest, 2) konstruksi yang dilakukan media menggunkan tiga bentuk konstruksi dan tiga realitas, yaitu konstruktivisme biasa yang mana media menunjukkan secara terang-terangan apa yang hendak ditonjolkan mengenai pribadi aktor politik, realisme hipotesis melalui program acara talkshow yang mana media menunjukkan secara jelas apa yang hendak ditonjolkan namun ada peran host dan setting lokasi yang mempengaruhi pendapat lain, konstruktivisme radikal melalui program acara lebih serius seperti obrolan secara dalam yang menampilkan sisi human interest aktor politik. Dan realitas objective konstruksi apa adanya yang selama ini diketahui publik profil dirinya, jabatannya, dsb; realitas symbolic konstruksi melalui simbol-simbol seperti pakaian, kebiasaa, pakaian, latar, mimik, gerak; dan realitas subjective konstruksi melalui jawaban aktor politik berdasarkan pertanyaan host program acara.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Clarissa Aisyahclarissaaputri@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Media Massa
Politik
Keywords: Politainment media televisi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Putri Clarissa Aisyah
Date Deposited: 09 Aug 2018 02:17
Last Modified: 21 Aug 2018 02:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26494

Actions (login required)

View Item View Item