Analisis wacana dakwah KH Agoes Ali Masyhuri dalam buku Suara dari Langit

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aji, Sutaman (2018) Analisis wacana dakwah KH Agoes Ali Masyhuri dalam buku Suara dari Langit. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sutaman Aji_F12716325.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tesis yang berjudul “Analisis Wacana Dakwah KH.Agoes Ali Masyhuri Dalam Buku Suara Dari Langit” ini bertujuan untuk menjawab tiga pertanyaan: Pertama, wacanaapa yang disampaikan KH. Agoes Ali Masyhuri (Gus Ali) dalam buku “Suara Dari Langit.”Kedua, bagaimana KH.Agoes Ali Masyhuri (Gus Ali) menyampaikan wacana dakwahnya dalam buku tersebut, serta bagaimana kondisi sosial masyarakat ketika wacana dakwah itu disampaikan. Tesis ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan teori analisis wacana kritis yang dikembangkan Norman Fairclough dalam menganalisis teks melalui tiga dimensi; Teks, untuk mengetahui bagaimana seseorang, kelompok tindakan atau kejadian digambarkan dalam teks.Discourse practice, yang berhubungan dengan produksi dan konsumsiteks. Sosiocultural practice, yang berasumsi bahwa konteks sosial di luar media (teks) mempengaruhi diskursus yang muncul dalam teks. Selain itu, teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis untuk menghasilkan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari segi teks, “Suara Dari Langit” menawarkan perubahan kondisi sosial masyarakat dengan membentuk insane muslim yang berkualitas, berilmu, agar mampu bersaing dalam kehidupan bermasyarakat dengan diawali konsumsi makanan halal, baik, tidak berlebihan, dan seimbang. Dengan mengatur pola makan yang benar manusia akan bahagia dunia akhirat .Kedua, dalam analisis discourse practice, “Suara Dari Langit” menempatkan dan menunjukkan dominasi Gus Ali atas khalayak sehingga wacana yang dibentuk menjadi suatu kebenaran publik.Selanjutnya, konteks Sociocultural Practice menunjukan bahwa “Suara Dari Langit” ditulis sebagai respons atas kondisi sosial masyarakat yang kurang kondusif waktu itu, terutama di bidang perekonomian seperti banyaknya pelaku usaha bangkrut, perekonomian nasional yang lesu, serta menurunnya daya beli masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aji, Sutamansutamanaji2626@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi Islam
Keywords: Analisis wacana dakwah; KH Agoes Ali Masyhuri; Suara dari Langit
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aji Sutaman
Date Deposited: 07 Aug 2018 07:43
Last Modified: 07 Aug 2018 07:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26491

Actions (login required)

View Item View Item