Peningkatan hasil belajar Tematik subtema Kerajaan Islam di Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) di Kelas V MI Ma'arif NU Miru Sekaran Lamongan

Hasanah, Wulan Agustina (2018) Peningkatan hasil belajar Tematik subtema Kerajaan Islam di Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) di Kelas V MI Ma'arif NU Miru Sekaran Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wulan Agustina Hasanah_D77214051.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V MI Ma’arif NU Miru Sekaran Lamongan pada pembelajaran 6 subtema kerajaan islam di Indonesia. Berdasarkan hasil kegiatan pra siklus, dari 25 peserta didik, hanya 10 peserta didik yang tuntas pada mata pelajaran IPS dan 9 peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas, penyebab rendahnya hasil belajar karena guru dan peserta didik belum terbiasa menggunakan kurikulum 2013 dan kurangnya guru dalam menerapkan model atau strategi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran STAD untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran tematik subtema Kerajaan Islam di Indonesia di kelas V? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran tematik subtema Kerajaan Islam di Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran STAD di kelas V? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah model Kurt Lewin. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Ma’arif NU Miru Sekaran Lamongan yang terdiri dari 25 peserta didik. Pengambilan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penerapan model pembelajaran kooperatif STAD dapat diperoleh hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 63 dan meningkat menjadi 89 pada siklus II. Sedangkan hasil observasi aktivitas peserta didik pada siklus I yaitu 67,10 dan meningkat menjadi 88,15 pada siklus II. Peningkatan hasil belajar subtema Kerajaan Islam di Indonesia pembelajaran 6 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif STAD mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata peserta didik mata pelajaran IPS pada pra siklus sebesar 65,8 dengan prosentase 40%, pada siklus I menjadi 75,6 dengan prosentase 60%, dan meningkat menjadi 85,2 dengan prosentase 92% pada siklus II. Kemudian pada mata pelajaran Bahasa Indonesia 6 pada pra siklus sebesar 66 dengan prosentase 36%, pada siklus I menjadi 73 dengan prosentase 52%, dan meningkat menjadi 82,2 dengan prosentase 88% pada siklus II.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Tematik; Model Kooperatif; STAD
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Creators:
CreatorsEmail
Hasanah, Wulan AgustinaWulanagustina610@gmail.com
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hasanah Wulan Agustina
Date Deposited: 08 Aug 2018 02:18
Last Modified: 08 Aug 2018 02:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26468

Actions (login required)

View Item View Item