Peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih materi puasa ramadhan melalui model cooperatif learning tipe talking stick di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Nadlatul Ulama Waru II Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratiwi, Sawitri Rahma (2018) Peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih materi puasa ramadhan melalui model cooperatif learning tipe talking stick di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Nadlatul Ulama Waru II Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sawitri Rahma Pratiwi_D77214047.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran Fiqih kelas III MI Minu Waru II Sidoarjo menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa terhadap materi puasa ramadhan dalam kategori rendah hal ini diketahui dari hasil pre-test pada pra siklus dari 22 siswa hanya 9 siswa yang tuntas atau mencapai nilai KKM 75. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Fiqih, bahwa rendahnya tingkat pemahaman materi dikarenakan guru kurang aktif dalam pembelajaran. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model cooperative learning tipe talking stick dalam meningkatkan pemahaman materi puasa ramadhan pada mata pelajaran Fiqih di MI Minu Waru II Sidoarjo pada kelas III? (2) Bagaimana peningkatan pemahaman materi puasa ramadhan dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Talking Stick pada mata pelajaran Fiqih di MI Minu Waru II Sidoarjo pada kelas III? Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah PTK model Kurt Lewin. Tiap siklusnya terdiri dari empat komponen pokok, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) penerapan model cooperative learning tipe talking stickdapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I adalah 95,58 meningkat menjadi 96,87 pada siklus II. Sedangkan untuk nilai akhir aktivitas siswa pada siklus I adalah 88,23 meningkat menjadi 90,62 pada siklus II. (2) Tingkat pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih materi puasa ramadhan di kelas III menerapkan model cooperative learning tipe talking stick mengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil nilai tes pemahaman, pada siklus I diperoleh hasil 63,63% (cukup) dengan rata-rata 75,36 dan pada siklus II diperoleh hasil 90,90% (tinggi) dan rata-rata nilai sebesar 83,5.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratiwi, Sawitri Rahmapratiwirahmasawitri@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Fikih
Keywords: Peningkatan Pemahaman; Puasa Ramadhan; Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Pratiwi Sawitri Rahma
Date Deposited: 07 Aug 2018 08:05
Last Modified: 07 Aug 2018 08:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26467

Actions (login required)

View Item View Item