Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui media visual seni mural pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di MI Hadissalam Rejoagung Ngoro Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lail, Nur Alfi (2018) Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui media visual seni mural pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di MI Hadissalam Rejoagung Ngoro Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Alfi Lail- D07214024.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari rendahnya nilai UH siswa kelas V MI Hadissalam dalam membuat karangan narasi dengan siswa berjumlah 25 anak. Permasalahan yang menjadi latar belakang masalah ini adalah kurang tertariknya dalam mengikuti pembelajaran serta sulitnya menemukan ide untuk ditulis. Hanya sekitar 37% saja siswa yang tuntas dan mencapai KKM sementara yang lainnya berada di bawahnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media visual seni Mural serta bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia setelah digunakannya media visual seni mural di kelas V MI Hadissalam Rejoagung Ngoro Jombang? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui penggunaan media visual seni mural untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia Kelas V di MI Hadissalam Rejoagung Ngoro Jombang. (2) Mengetahui peningkatan keterampilan menulis narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V di MI Hadissalam Rejoagung Ngoro Jombang setelah digunakannya media visual seni mural. Penelitian ini menggunakan metode PTK Kemmis dan Taggart yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Pada masing-masing ada empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI Hadissalam Rejoagung Ngoro yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Tindakan yang dilakukan adalah penggunaan media visual seni mural untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi serta penilaian produk berupa karangan narasi siswa. Selanjutnya Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dalam pengolahan datanya.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan media visual seni mural dapat meningkatkan aktivitas guru dari 72,2 (cukup baik) pada siklus I menjadi 80 (baik) pada siklus II. Aktivitas siswa meningkat dari 80 (baik) pada siklus I menjadi 90 (sangat baik) pada siklus II. (2) Adanya peningkatan keterampilan menulis narasi setelah digunakannya media visual seni mural. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai pada siklus I rata-rata ketuntasan siswa 70,333 (cukup baik) lalu meningkat menjadi 81 (baik) pada siklus II. Persentase ketuntasan siswa meningkat dari 56% (cukup) menjadi 80% (baik) pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lail, Nur Alfialfi.kyu07@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Keterampilan
Menulis
Pendidikan
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Uncontrolled Keywords: Media visual Seni Mural: keterampilan menulis narasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lail Nur Alfi
Date Deposited: 08 Aug 2018 03:39
Last Modified: 08 Aug 2018 03:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26447

Actions (login required)

View Item View Item