Peningkatan pemahaman pelajaran SKI materi Kholifah Abu Bakar As-Shiddiq menggunakan metode Mind Mapping pada siswa kelas v MI Miftahul Ulum Kedung Kampil Kembangbahu Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Iindriani, Roista (2018) Peningkatan pemahaman pelajaran SKI materi Kholifah Abu Bakar As-Shiddiq menggunakan metode Mind Mapping pada siswa kelas v MI Miftahul Ulum Kedung Kampil Kembangbahu Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Roista Iindriani_D07214017.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tingkat pemahaman yang kurang dikuasai oleh peserta didik kelas 5 di MI Miftahul Ulum Lamongan, dikarenakan penyampaian guru yang tekesan monoton seperti ceramah dalam proses pembelajaran menjadikan peserta didik mudah cepat bosan dan kurang aktif saat pembelajaran berlangsung, sehingga metode mind mapping ini diterapkan untuk mempermudah peserta didik dalam mengkonsep atau memetakan materi khusunya pemahaman. Tujuan dari peneliti sendiri adalah: 1) Mengetahui bagaimana penerapan metode mind mapping dalam peningkatan pemahaman pada mata pelajaran SKI kelas 5 di MI Miftahul Ulum Kembangbahu Lamongan. 2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman peserta didik kelas 5 di MI Miftahul Ulum Kembangbahu Lamongan menggunakan metode mind mapping. Penelitian ini menggunakan model Kurt Lewwin yang terdiri dari 4 tahap yakni: a) perencanaan, b) pengamatan, c) pelaksanaan, d) refleksi yang dilaksanakan pada siklus I dan II. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 5 MI Miftahul Ulum Kembangbahu Lamongan yang terdiri dari 23 anak. Tindakan yang dilakukan adalah menggunakan metode mind mapping. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes/non tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian dengan metode mind mapping menunjukkan bahwa: 1) meningkatnya hasil aktivitas guru dengan skor 76,47 (cukup) pada siklus I menjadi 90,19(baik) setelah dilaksanakan siklus II. Dan hasil aktivitas peserta didik pun juga meningkat yang mendapatkan skor 70,83 9(cukup) pada siklus I menjadi skor 87,03 (baik) Setelah dilaksanakan siklus II. Peningkatan pemahaman peserta didik nilai rata-rata kelas mendapatkan 73,43 pada siklus I dan pada siklus II mendapatkan nilai 83,26 Sedangkan untuk persentase ketuntasan pemahaman peserta didik mendapatkan 65,21% (gagal) pada siklus I dan mendapatkan 86,95% (lulus) pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Iindriani, Roistafirqohnajwa3@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Metode
Sejarah Peradaban Islam
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Uncontrolled Keywords: Peningkatan pemahaman ; Metode mind mapping
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Iindriani Roista
Date Deposited: 08 Aug 2018 07:26
Last Modified: 08 Aug 2018 07:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26439

Actions (login required)

View Item View Item