Pengaruh lingkumgan masyarakat perkotaan dan pedesaan terhadap prestasi belajar aqidah akhlaq dan perilaku siswa di MAN Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aisyah, Siti (2018) Pengaruh lingkumgan masyarakat perkotaan dan pedesaan terhadap prestasi belajar aqidah akhlaq dan perilaku siswa di MAN Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Siti Aisyah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini memfokuskan pada maksud dan tujuan 1) bagaimana siswa lingkungan masyarakat perkotaan dan pedesaan di MAN Bangkalan, 2) bagaimana prestasi belajar aqidah akhlaq dan perilaku siswa di MAN Bangkalan, 3) bagaimana pengaruh lingkungan perkotaan dan perkotaan terhadap prestasi belajar aqidah akhlaq dan perilaku moral siswa di MAN Bangkalan. Berdasarkan pendekatannya, penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah MAN Bangkalan sebanyak 8 kelas dengan jumlah 218 siswa dengan teknik pengambilan sampel simple random mpling.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu nilai raport, tes, angket atau kuisioner, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus regresi linier berganda. Dari data yang telah dikumpulkan, setelah dianalisis diperoleh data sebagai berikut: 1) Siswa yang tinggal dipedesaan jauh lebih banyak dari pada siswa yang tinggal diperkotaan. 2) Prestasi belajar aqidah akhlaq di MAN Bangkalan tergolong baik, begitupun dengan perilaku moral siswa di MAN Bangkalan termasuk dalam kategori baik. 3) ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan masyarakat perkotaan dan pedesaan terhadap prestasi belajar aqidah akhlaq dan perilaku moral siswa di MAN Bangkalan. Hal ini berdasarkan hasil analisis data yang menghasilkan thitung sebesar 3,177 dengan signifikansi 0,002 dengan ttabel1,972, maka thitung>ttabel (3,177 > 1,972), maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti lingkungan masyarakat perkotaan dan pedesaan berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar aqidah akhlaq dan perilaku siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aisyah, Sitiaisyahsyafii36@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Keywords: Lingkungan masyarakat perkotaan dan pedesaan: prestasi belajar: perilaku
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aisyah Siti
Date Deposited: 07 Aug 2018 04:26
Last Modified: 07 Aug 2018 04:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26421

Actions (login required)

View Item View Item