Penerapan PSAK no. 109 pada penyusunan laporan keuangan di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Gresik periode Januari-Desember 2017

Setyani, Ayu Dian (2018) Penerapan PSAK no. 109 pada penyusunan laporan keuangan di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Gresik periode Januari-Desember 2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayu Dian Setyani_G72214020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Penerapan PSAK No. 109 Pada Penyusunan Laporan Keuangan di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Gresik Periode Januari-Desember 2017” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana penyusunan laporan keuangan BAZNAS Kab. Gresik dan sejauh mana penerapan PSAK No. 109 di BAZNAS Kab. Gresik. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan informan dalam penelitian yaitu bagian keuangan BAZNAS Kab. Gresik, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah transkrip hasil wawancara, reduksi data, analisis, dan interpretasi data. Dari analisis data kemudian ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengakuan dan pengukuran ZIS pada BAZNAS Kab. Gresik belum sepenuhnya sesuai dengan PSAK No. 109. Terdapat kendala pencatatan aset sehingga belum semua nominal aset tersaji dalam laporan keuangan. Selain itu ada ketidaksesuaian pengakuan penerimaan aset non kas dalam praktik dan peraturan yang berlaku. Penyajian laporan keuangan ZIS pada BAZNAS Kab. Gresik belum sepenuhnya sesuai dengan PSAK No. 109. Laporan yang tersaji belum menunjukkan nilai yang sebenarnya. Terdapat kendala mengenai jumlah SDM dalam pencatatan dan pembagian tugas serta kurangnya supervisi dan controlling sehingga output yang dihasilkan masih belum sesuai standar. Pengakuan ZIS pada BAZNAS Kab. Gresik belum sesuai dengan PSAK No. 109. Belum adanya kebijakan mengenai pengungkapan sesuai pasal 39 PSAK No. 109. Kesimpulan dari penelitian ini adalah BAZNAS Kab. Gresik telah mempunyai suatu sistem yang memfasilitasi pencatatan sesuai dengan PSAK No. 109. Namun tanpa adanya SDM yang mencukupi, kontrol yang baik, dan kebijakan suatu sistem yang baik tidak akan berjalan sesuai standar. Saran yang bisa peneliti sampaikan untuk menambah tenaga SDM sesuai dengan kebutuhan dan juga melakukan kontrol dan evaluasi terkait kebijakan yang berlaku.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Gati, Vidia
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Setyani Ayu Dian
Date Deposited: 07 Aug 2018 03:27
Last Modified: 07 Aug 2018 03:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26419

Actions (login required)

View Item View Item