Interaksi sosial di yayasan dana sosial Al-Falah cabang Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Anisyak Uswatun (2018) Interaksi sosial di yayasan dana sosial Al-Falah cabang Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Anisyak Uswatun Hasanah_B74214018.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Banyaknya warga antusias dengan lembaga sosial menuntut Yayasan Dana Sosial Al-Falah mendirikan cabang di Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana interaksi yang terjadi dalam YDSF cabang Sidoarjo tersebut. Bagaimana kerjasama yang terjalin diantara anggota, bagaimana persaingan dan konflik bisa terjadi serta untuk melihat apa saja dampak atau hasil dari interaksi sosial tersebut. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Objek peelitian yaitu, pengurus dari YDSF cabang Sidoarjo serta karyawan YDSF cabang Sidoarjo. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara kepada informan yaitu pengurus dan karyawan YDSF cabang Sidoarjo. Cara pengumpulan data lainnya yang digunakan adalah dengan observasi non pasrtisipan, dimana peneliti hanya mengamati secara langsung. Sumber data lainnya menggunakan studi kepustakaan dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel bertujuan (purposive sample). Untuk menguji keabsahan data yang telah diperoleh dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi, sedangkan untuk menganalisis menggunakan model analisis interaksi Milles dan Huberman, yaitu terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, interaksi sosial dan intensitas pertemuan yang sering ini menimbulkan hubungan yang solid antar pengurus dan karyawan sehingga mereka bekerjasama untuk mencapai tujuan dalam YDSF cabang Sidoarjo, selain itu juga tidak menutup kemungkinan terjadinya suatu konflik dan juga persaingan. Konflik yang terjadi antar anggota biasanya dipicu karena perbedaan pendapat, sifat egoisme, dan juga senioritas. Sedangkan persaingan yang terjadi adalah persaingan dalam hal meperebutkan kedudukan dalam yayasan tersebut. Dampak yang ditimbulkan dari interaksi sosial YDSF cabang Sidoarjo ini berupa penghimpunan, pendayagunaan, dan layanann donatur. Kegiatan-kegiatan tersebut terbagi-bagi sesuai dengan bidang-bidang dalam kepengurusan YDSF cabang Sidoarjo yang pelaksanaannya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Anisyak Uswatunanisyakuswatun@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen
Sosiologi
Uncontrolled Keywords: YDSF cabang Sidoarjo; interaksi sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Hasanah Anisyak Uswatun
Date Deposited: 08 Aug 2018 03:52
Last Modified: 08 Aug 2018 03:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26417

Actions (login required)

View Item View Item