Pesan Dakwah melalui media online www.nu.or.id Rubrik Khutbah Edisi 17 Desember 2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prabowo, Adetiya Agung (2018) Pesan Dakwah melalui media online www.nu.or.id Rubrik Khutbah Edisi 17 Desember 2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Adetiya Agung Prabowo_B71214028.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Disadari atau tidak, bahwa penyebab utama terjadinya era globalisasi yang datang lebih cepat adalah karena adanya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Perkembangan teknologi informasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan untuk terus bisa beradaptasi dengan kehidupan. Salah satunya yang paling dapat dirasakan adalah penyampaian informasi. Adanya media online sangat mengefisiensi waktu dalam penyampaian sebuah pesan. Namun seiring berjalanya waktu dengan adanya kemudahan tersebut, munculah beberapa permaslahan yang timbul terutama pada keabsahan data yang hendak didistributorkan kepada khalayak umum. Hadirnya situs web NU online menjadi sebuah trobosan baru sebagai rujukan mencari sebuah berita yang valid. Karena dalam situs NU online menyediakan beberapa fitur guna meminimalisir tingkat kehoaksan sebuah data. Salah satunya ada fitur tanya jawab, sebagai salah satu wadah fitur apabila pembaca mengalami kebingungan dalam memahami sebuah karya tulis. Penelitian teks media ini dikaji dengan menggunakan analisis semiotik Charles Sander Pierce yang memiliki struktur piramida berdiri dalam menganalisis sebuah teks. Hasil yang didapat dari analisis wacana ini kemudian dideskripsikan dengan interpretasi penulis. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat pesan dakwah Akhlak pada rubrik khutbah situs www.nu.or.id. Pesan yang terkandung adalah berakhlakul karimah dalam menghadapi kemjuan zaman pada saat ini. Berdasarkan masalah dan kesimpulan tersebut, rekomendasi untuk berikutnya adalah dilakukan penelitian mendalam dengan data tentang persepsi dari pembaca sekaligus menggunakan metode kuantitatif sehingga ada hasil yang bernilai nominal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prabowo, Adetiya Agungmasgocil96@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah
Dakwah > Dakwah, Media
Komunikasi Islam
Keywords: Pesan Dakwah; Media Online; Khutbah; www.nu.or.id
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Prabowo Adetiya Agung
Date Deposited: 09 Aug 2018 05:30
Last Modified: 09 Aug 2018 05:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26411

Actions (login required)

View Item View Item