Konflik dan integrasi sosial antarumat beragama: studi kasus pendirian Gereja Kristen Indonesia Gayungsari di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Natalia, Liana (2018) Konflik dan integrasi sosial antarumat beragama: studi kasus pendirian Gereja Kristen Indonesia Gayungsari di Surabaya. Engd thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Liana Natalia_E02213014.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam skripsi ini penulis membahas tentang konflik dan integrasi sosial antarumat beragama Islam dan Kristen terhadap pembangunan Gereja Kristen Indonesia Gayungsari di Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana wewenang dan otoritas pemerintah terhadap pembangunan GKI Gayungsari Surabaya, apa saja upaya penyelesaian konflik pembangunan GKI Gayungsari Surabaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan pada kondisi alamiah, mengumpulkan data atau keterangan dalam suatu penelitian melalui pengamatan secara langsung di tempat atau objek yang diteliti. Fokus kajian pada wewenang dan otoritas pemerintah terhadap pembangunan rumah ibadah GKI Gayungsari Surabaya dan manajemen resolusi konflik pembangunan GKI Gayungsari Surabaya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, aparatur pemerintahan kurang tegas dalam menjalankan fungsinya. Pemerintah sebenarnya dapat dan harus berbuat lebih untuk menjamin hak mendirikan rumah ibadah dan kebebasan beragama. Figur kepala kecamatan, kepala kelurahan, FKUB, LSM utamanya kepolisian selaku penanggungjawab keamanan dan kepala daerah sebagai pemegang otoritas birokrasi sangat berperan dalam menentukan kebijakan terhadap gereja-gereja yang dipermasalahkan. Manejemen resolusi konflik yang diterapkan dalam konflik pembangunan GKI Gayungsari adalah metode negosiasi, mediasi, konsiliasi dan arbitrase. Akhirnya ditetapkanlah keputusan bahwa ibadah umat Kristen di Gayungan ditempatkan di Yayasan Panti Asuhan Kristen Lydia (YPAK Lydia).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Engd)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Natalia, Lianalian4natalia@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Konflik
Gereja
Kebijakan Publik
Keywords: Konflik; rumah ibadah; regulasi; resolusi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Natalia Liana
Date Deposited: 13 Aug 2018 06:42
Last Modified: 13 Aug 2018 06:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26393

Actions (login required)

View Item View Item