UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI METODE DRILL PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS III MI. NURUL ISLAM TAROGAN LENTENG SUMENEP TAHUN PELAJARAN 2014 - 2015

Rahem, Abd (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI METODE DRILL PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS III MI. NURUL ISLAM TAROGAN LENTENG SUMENEP TAHUN PELAJARAN 2014 - 2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini sangat sesuai dengan masalah yang ada, yaitu rendahnya hasil belajar membaca Alqur’an siswa kelas III MI.Nurul Islam Tarogan Lenteng Sumenep. Dengan menggunakan metode drill dalam mata pelajaran Alqur’an Hadits, siswa akan lebih meningkat hasl belajar membaca Alqur’an.
Penelitian ini bertujuan “Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar membaca Alqur’an siswa Kelas III MI.Nurul Islam Tarogan Lenteng Sumenep setelah diterapkannya pembelajaran membaca Alqur’an dengan metode drill ”.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yaitu proses pengkajian masalah pembelajaran di dalam kelas melalui refleksi diri dalam upaya untuk memecahkan masalah tersebut dengan cara melakukan berbagai tindakan yang terencana dalam situasi nyata serta menganalisis setiap pengaruh dari permasalahan tersebut.
Pelaksanaan penelitian dibagi dalam dua tahap yaitu siklus I dan siklus II. Pada siklus I dan II terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil pengamatan dan refleksi akan dijadikan bahan rujukan untuk pelaksanaan siklus berikutnya. Sehingga proses dan hasil pelaksanaan siklus berikutnya diharapkan akan lebih baik dari siklus sebelumnya. Dari setiap siklus akan diukur hasil belajar siswa, sehingga dapat diketahui pengaruh penggunaan metode drill tersebut terhadap meningkatnya hasil belajar membaca Aqur’an siswa.
Hasil tindakan pembelajaran yang dilakukan pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar membaca Alqur’an siswa mengalami kenaikan. Dari hasil lembar observasi pada siklus I diperoleh bahwa jumlah siswa yang mempunyai hasil belajar membaca Alqur’an kategori baik sebanyak 70%. Setelah dilakukan refleksi terhadap pelaksanaan tindakan pada siklus I, tindakan pembelajaran siklus II menunjukkan bahwa hasil belajar membaca Alqur’an siswa juga mengalami peningkatan. Dari hasil penilaian hasil belajar membaca pada siklus II diketahui bahwa jumlah siswa yang mempunyai hasil belajar kategori sangat baik sudah mencapai 90 %.
Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa penggunaan metode drill dalam pembelajaran Alqur’an hadits dapat meningkatkan hasil belajar membaca Alqur’an siswa kelas III MI.Nururl Islam Tarogan Lenteng Sumenep.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: H. Ali Mudlofir
Uncontrolled Keywords: Metode Drill; Hasil Belajar; Membaca Alqur’an
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Al Qur'an
Hadis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Hanafi
Date Deposited: 10 Nov 2015 06:54
Last Modified: 10 Nov 2015 06:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/2639

Actions (login required)

View Item View Item