Peningkatan ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan sampah rumah tangga melalui kelompok sadar sampah "Sri Kandi" di Desa Karangtengah, Kecamatan Kemangkon, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Gunawan, Ragil (2018) Peningkatan ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan sampah rumah tangga melalui kelompok sadar sampah "Sri Kandi" di Desa Karangtengah, Kecamatan Kemangkon, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ragil Gunawan_B02214012.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang proses pengembangan dan pengorganisasian kelompok sadar sampah dalam meningkatkan ekonomi melalui berbagai kegiatan pengolahan sampah rumah tangga yang melimpah di Desa Karangtengah. Penyebab melimpahnya sampah rumah tangga adalah kurangnya pengetahuan masyarakat akan pengelolaan sampah yang bisa bernilai ekonomi. Belum adanya pengelolaan sampah rumah tangga mengakibatkan sampah menumpuk sehingga berdampak bagi kesehatan, lingkungan dan perekonomian masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Research). Di dalam kegiatan PAR, peneliti belajar serta bekerja bersama masyarakat dalam melakukan perubahan. Pendekatan ini menjadi alat bagi masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan masyarakat untuk memahami situasi kehidupan mereka menjadi lebih baik dan berkeadilan. Di dalam pengorganisasian ini, pendamping dan kelompok sadar sampah melakukan perubahan paradigma serta dalam pengelolaan sampah rumah tangga melalui kegiatan yang direncanakan serta dijalankan oleh kelompok, seperti pendidikan pengelolaan sampah, praktek pembuatan kerajinan dari sampah plastik serta musyawarah untuk kesepakatan bersama warga RT 19 agar tidak membuang sampah di sungai dan lahan-lahan milik warga hal ini bertujuan untuk saling mengawasi satu sama lain agar meminimalisir pembuangan sampah di sungai dan lahan milik warga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Gunawan, Ragilragilg607@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan Sosial Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Gunawan Ragil
Date Deposited: 07 Aug 2018 01:57
Last Modified: 07 Aug 2018 01:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26369

Actions (login required)

View Item View Item