Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui penguatan komunitas pembuat ledre di Desa Sedah Kidul Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Irfania, Irma (2018) Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui penguatan komunitas pembuat ledre di Desa Sedah Kidul Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Irma Irfania_B72214028.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti mengangkat fokus pendampingan penguatan dan pengembangan aset komunitas pembuat ledre di Desa Sedah Kidul guna menumbuhkan kekuatan ekonomi masyarakat desa. Mengantarkan partisipasi komunitas pembuat ledre untuk mewujudkan kemandirian dan perubahan yang lebih baik. Menjadi komunitas yang mampu memanfaatkan secara maksimal aset yang dimiliki serta mampu melestarikan warisan budaya. Pola dan proses pemerdayaan masyarakat yang digunakan peneliti di Desa Sedah Kidul menggunakan pendekatan berbasis aset atau bisa disebut ABCD (Asset Based Community Development). Sehingga dalam penelitian ini lebih fokus pada pengembangan aset yang dimiliki oleh komunitas pembuat ledre. Pendampingan ini dilakukan melalui strategi pemberdayaan komunitas, antara lain (1) pengembangan kelompok, (2) penguatan kapasitas komunitas pembuat ledre, dan (3) advokasi pengembangan ledre. Pendampingan dilakukan oleh peneliti bersama komunitas pembuat ledre untuk mewujudkan impian komunitas. Melalui usaha memaksimalkan pemanfaatan potensi dan aset yang dimiliki komunitas peneliti bersama komunitas melakukan aksi perubahan, beberapa bentuk perubahan telah dirasakan oleh komunitas. Produk ledre buatan komunitas mulai dikenal oleh kalangan luar, di samping itu pendapatan anggota komunitas juga mulai meningkat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Irfania, Irmaiirfania@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Industri RumahTangga
Industri Kecil
Pemberdayaan
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan ekonomi; Penguatan komunitas; ABCD; Perubahan sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Irfania Irma
Date Deposited: 07 Aug 2018 02:18
Last Modified: 07 Aug 2018 02:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26348

Actions (login required)

View Item View Item