Perilaku konsumen muslim dalam mengkonsumsi produk halal food perspektif maqasid al-shari’ah al-syatibi: studi pada pasar Sepanjang Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sutono, Sutono (2018) Perilaku konsumen muslim dalam mengkonsumsi produk halal food perspektif maqasid al-shari’ah al-syatibi: studi pada pasar Sepanjang Taman Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sutono_F12416285.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1.Menganalisis perilaku konsumen muslim di pasar tradisional Sepanjang Taman Sidoarjo dalam mengkonsumsi produk halal food, 2. Menganalisis faktor-faktor yang mendukung keputusan pembelian konsumen muslim pasar tradisional Sepanjang Taman Sidoarjo 3. tentang kemaslahatan bagi konsumen muslim setelah mengkonsumsi poduk halal food perspektif maqasidus al-Shari’ah al-Syatibi di pasar tradisional Sepanjang Taman Sidoarjo.Jenis penelitian ini adalah Penelitian studi lapangan (field research). Data diambil dari perilaku muslim pasar tradisional Sepanjang dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk memperkuat kajian teori maka penulis juga melakukan analisis kitab-kitab al-Syatibi tentang maqasid al-shari’ah, jurnal-jurnal penelitian dan buku-buku yang berkaitan dengan topik tesis. Melalui penelitian ini telah diperoleh hasil sebagaimana berikut: 1.Konsumen di pasar tradisional Sepanjang memiliki beberapa perilaku dalam mengkonsumsi produk halal food, yaitu: perilaku konsumen memiliki keyakinan(aqidah) yang kuat, sikap tawakal, bertransaksi pada produk yang halal, berlaku adil dalam menimbang, memiliki kejujuran, selalu tepati janji, memiliki sikap yang ramah dan rendah hati, tidak saling bersumpah dalam transaksi, tidak memiliki sikap buruk sangka dalam transaksi, bisa menunaikan hak dan kewajibannya, memiliki sikap administratif dalam transaksi,memiliki sikap tolong-menolong, memiliki sikap manajerial yang baik 2. Faktor-faktor yang mendukung keputusan konsumen muslim pasar tradisional Sepanjang untuk menggunakan produk halal adalah sebagai berikut, adalah: faktor psikologi, diantaranya, motivasi, persepsi, pembelajaran, dan memori. Faktor pribadi, dan faktor sosial dan faktor budaya atau faktor kebiasaan. 3.Tentang kemaslahatan konsumen muslim setelah mengkonsumsi produk halal food di pasar tradisional Sepanjang yaitu terciptanya sikap kepatuhan terhadap perintah Allah swt, sehingga konsumen mendapatkan kesehatan lahir bathin, terhindarnya dari jenis penyakit yang diakibatkan oleh makanan yang tidak halal dan tidak tayyib. Tumbuhnya kejujuran, sikap sederhana dan terhindarnya sikap boros merupakan inti dari maqasid al-Shari’ah. tujuan hukum kewajiban mengkonsumsi halal food sejalan dengan teori Maqasid al-Shari’ah.Al -Syatibi yang menyebutkan Al-Daruriyat merupakan keperluan yang mana kehidupan agama dan keduniaan manusia bergantung kepadanya, jika sekiranya ia tidak ada, niscaya berlakulah kepincangan hidup manusia didunia ini dan kehilangan nikmat yang abadi, serta mengalami kesengsaraan di akhirat kelak. Al-Daruriyat yang asasi ini ada lima, yaitu agama, jiwa, akal, keturunan dan harta benda. Segala urusan agama dan kedudukan dibina atas maslahah-maslahah ini dan hanya dengan memeliharanya segala urusan individu dan masyarakat berjalan dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sutono, Sutonosutonotono8@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Masyarakat Islam
Perilaku
Konsumen
Keywords: Perilaku konsumen muslim; produk halal food; maqasid al-shari’ah al-Syatibi
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sutono Sutono
Date Deposited: 14 Aug 2018 03:04
Last Modified: 14 Aug 2018 03:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26333

Actions (login required)

View Item View Item