PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI MI DARUN NAJAH KWANGSAN SEDATI SIDOARJO

Darmajid, Darmajid (2015) PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI MI DARUN NAJAH KWANGSAN SEDATI SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (328kB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap keberhasilan siswa dalam memperoleh hasil yang optimal. Motivasi belajar matematika siswa kelas VI MI Darun Najah Kwangsan Sedati Sidoarjo sangat rendah. Hal ini terjadi karena pembelajaran matematika di MI tersebut masih belum didukung dengan media pembelajaran yang dapat merangsang meningkatnya motivasi belajar siswa. Media power point berfungsi untuk membuat presentasi dalam bentuk slide-slide, menambahkan audio, video, gambar dan animasi dalam presentasi, sehingga presentasi menjadi lebih menarik dan hidup. Penggunaan media power point dalam pembelajaran matematika, akan membuat siswa lebih tertarik dan termotivasi untuk mengikuti pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas VI MI Darun Najah Kwangsan Sedati Sidoarjo setelah diterapkannya pembelajaran matematika dengan menggunakan media powerpoint. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Metode ini pada hakikatnya adalah perangkat-perangkat atau untaian dengan setiap perangkat terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi yang dipandang sebagai suatu siklus. Hasil refleksi pada siklus tersebut akan digunakan sebagai bahan rujukan untuk pelaksanaan siklus berikutnya, sehingga proses dan hasil pelaksanaan siklus berikutnya akan lebih baik. Siklus akan dihentikan jika target kinerja yang ditentukan telah tercapai. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI MI Darun Najah Kwangsan Sedati Sidoarjo yang berjumlah 39 siswa, yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan pembelajaran yang dilakukan memberikan dampak terhadap meningkatnya motivasi belajar matematika siswa. Data hasil lembar observasi motivasi belajar pada siklus I menunjukkan bahwa persentase jumlah siswa yang mempunyai motivasi belajar kategori sangat baik sebesar 38,46%. Sedangkan data hasil angket motivasi belajar menunjukkan bahwa persentase jumlah siswa yang mempunyai motivasi belajar kategori sangat baik sebesar 43,59%. Data hasil lembar observasi motivasi belajar pada siklus II menunjukkan bahwa persentase jumlah siswa yang mempunyai motivasi belajar kategori sangat baik sebesar 60,53%, artinya meningkat 22,07% dibanding siklus I. Data hasil angket motivasi belajar pada siklus II menunjukkan bahwa persentase jumlah siswa yang mempunyai motivasi belajar kategori sangat baik sebesar 65,79%, artinya meningkat 22,2% dibanding siklus I.
Berdasarkan data yang diperoleh pada siklus I dan siklus II tersebut dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar matematika siswa kelas VI MI Darun Najah Kwangsan Sedati Sidoarjo meningkat setelah diterapkannya pembelajaran matematika dengan menggunakan media power point.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ahmad Lubab
Uncontrolled Keywords: Media Belajar; Power Point; Motivasi Belajar
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan > Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Hanafi
Date Deposited: 10 Nov 2015 04:59
Last Modified: 10 Nov 2015 04:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/2631

Actions (login required)

View Item View Item