Single digit pada pembiayaan Bank BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Ploso Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Linawati, Linawati (2018) Single digit pada pembiayaan Bank BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Ploso Jombang. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Linawati_F12416272.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Besarnya margin yang dikeluarkan bank syariah membuat masyarakat lebih memilih pengajuan kredit pada bank konvensional, namun pada tahun 2016 pemerintah telah memberikan program marginsingle digit,dimana margin perbankan syariah yang berada pada level satu digit dibawah 10 persen pertahun. Tidak semua bak syariah menjalankan program tersebut, hanya bank tertentu yang ditunjuk sebagai pelaksana, yaitu salah satunya adalah bank BRISyariah dengan produk unggulan bernama pembiayaan KUR (kredit usaha rakyat) IB. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kulitatif dengan metode deskriptif analisis, data diperoleh dar idata primer berupa laporan tahunan bank BRIsyariah KCP Ploso jombangdan data sekunder dari wawancara langsung dengan karyawan. Hasil penelitian,BRIS KCP Ploso Jombang memberikan margin single digit pada pembiayaan KUR IB dengan margin 0,8% atau setara 9 % pertahun. Kinerja BRIS KCP Ploso Jombang setelah diterapkan program KUR IB, dilihat dari segi outstanding mengalami penurunan sebesar 2% dimana pada akhir desember 2017 sebesar 10.385 dengan 320 NOA sedangkan oustanding Desember 2016 berkisar 12.421 dengan 210 NOA. Dari segi NPF mengalami penurunan dimana pada akhir Desember 2017 berkisar 503juta sedangkan NPF Desember 2016 810 juta, dari segi laba mengalami peningkatan dimana pada akhir Desember 2017 sebesar 1.175 sedangkan laba Desember 2016 (138). Dari penelitian yang dilakukan margin single digit tidak sepenuhnya mengurangi laba perusahaan, karena bank telah meminimalisir kerugian dengan mencari keuntungan melalui penurunan bagi hasil deposito dan free base income.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Linawati, Linawatizhanawa25@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Bank Islam
Keywords: Single digit; Pembiayaan; Bank BRI Syariah
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Linawati Linawati
Date Deposited: 07 Aug 2018 04:00
Last Modified: 07 Aug 2018 04:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26293

Actions (login required)

View Item View Item