Penyebaran nilai-nilai kebagnsaan dalam semangat toleransi beragama di Jawa Timur: studi peran PMII Jawa Timur periode 2016-2018

Awan, Ibnu Hari (2018) Penyebaran nilai-nilai kebagnsaan dalam semangat toleransi beragama di Jawa Timur: studi peran PMII Jawa Timur periode 2016-2018. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ibnu Hari Awan_F5916009.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jawa Timur dituntut memiliki sikap yang jelas. Pasalnya sebagai organisasi mahasiswa yang berhaluan Ahlusunnah wal Jamaah dan memiliki jejak historis dengan NU, eksistensi PMII dituntut untuk menjawab berbagai problematika yang terjadi dalam konteks kekinian. Penelitian ini memliki bebrapa rumusan masalah yaitu: (1). Bagaimana pandangan PMII Jawa Timur periode 2016-2018 terkait toleransi beragama di Jawa Timur ? (2). Bagaimana perumusan strategi PMII Jawa Timur periode 2016-2018 dalam penyebaran nilai-nilai kebangsaan bersemangatkan toleransi beragama ? (3). Bagaimana peran PMII Jawa timur periode 2016-2018 dalam penyebaran nilai-nilai kebangsaan bersemangatkan toleransi beragama ? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kualitatif, (data yang dikumpulkan berupakata-kata, gambar, dan bukan angka-angka).Sedangkan metode penelitian yang peneliti gunakan adalah Analisis Isi (Content Analysis) yang artinya suatu model yang dipakai untuk meneliti dokumentasi data yang berupa teks, gambar, simbol, dan sebagainya. Content Analysis In Communication Research, mengemukakan, analisis adalah teknik sistematik untuk menganalisis isi pesan dan mengolah pesan,atau suatu alat untuk mengopservasi dan menganalisis perilaku komunikasiyang terbuka dari komunikator yang dipilih. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pandangan PMII Jawa Timur periode 2016-2018 terkait toleransi beragama di Jawa Timur Kerukunan adalah toleransi merupakan kunci utama dalam meraih kedamaian antar umat beragama. Dengan kerukunan, hidup terasa sejuk meski berada di tengah-tengah beragam penganut agama, sehingga perbedaan terasa nikmat. Sebaliknya, tanpa terciptanya kerukunan sulit bagi bangsa manapun untuk damai, (2) Perumusan strategi PMII Jawa Timur periode 2016-2018 dalam penyebaran nilai-nilai kebangsaan bersemangatkan toleransi beragama adalah dengan melakukan berbagai program dan kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan toleransi beragama di jawa timur dengan landasan atau acuan dari AD/ART, Visi Misi, dan Rakerwil PMII Jatim, Mupimda PKC PMII Jawa Timur.,dan (3) sebagai sebuah organisasi yang mendaku sebagai organisasi moderat, PMII khususnya PKC PMII Jawa Timur memiliki peran dalam panggung masyarakat dalam menyebarkan nilai-nilai kerukunan umat bragama. Peran PMII Jawa Timur periode 2016-2018 dalam penyebaran nilai-nilai kebangsaan bersemangatkan toleransi beragama adalah dengan usaha PKC PMII Jawa Timur bersama segenap elemen masyarakat untuk menyatukan masyarakat Jawa Timur meskipun berbeda suku, etnis dan keyakinan.

Email:
Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Suis, Suis
Uncontrolled Keywords: PMII Jawa Timur; Toleransi Beragama; Radikalisme
Subjects: Organisasi Masyarakat
Pemuda Islam
Radikal dan Radikalisme
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Awan Ibnu Hari
Date Deposited: 07 Aug 2018 04:09
Last Modified: 07 Aug 2018 04:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26283

Actions (login required)

View Item View Item