Peningkatan pemahaman konsep mata pelajaran matematika materi nilai tempat puluhan dan satuan melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada kelas IB SD Iskandar Said Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lailiyah, Nur (2018) Peningkatan pemahaman konsep mata pelajaran matematika materi nilai tempat puluhan dan satuan melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada kelas IB SD Iskandar Said Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
NUR LAILIYAH_D0724013.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa pada materi nilai tempat puluhan dan satuan mata pelajaran matematika. Hal ini terlihat dari persentase ketuntasan kelasnya yang hanya mencapai 42,86% (kurang). Selain itu banyak siswa yang beranggapan bahwa matematika itu sulit, dalam pembelajaran guru masih monoton menggunakan metode ceramah yang mengakibatkan siswa menjadi pasif dalam pembelajaran. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di kelas IB SD Iskandar Said Surabaya terhadap pemahaman konsep nilai tempat puluhan dan satuan? 2) Bagaimana peningkatan pemahaman konsep nilai tempat puluhan dan satuan melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di kelas IB SD Iskandar Said Surabaya)? Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart terdiri dari dua siklus setiap siklusnya terdapat tiga tahapan utama perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IB SD Iskandar Said Surabaya yang terdiri dari 21 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dokumen, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) mendapat kategori baik berdasarkan observasi aktivitas guru dan siswa. Aktivitas guru pada siklus I 73,21 (Cukup) terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 86,46 (Baik). Aktivitas siswa pada siklus I 79(Cukup) pada siklus II meningkat menjadi 86,46 (Baik). 2) peningkatan pemahaman konsep siswa mata pelajaran Matematika materi nilai tempat puluhan dan satuan setelah menerapkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dapat dilihat berdasarkan nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasannya. Nilai rata-rata kelas siklus I 73,01 (cukup) kemudian meningkat di siklus II menjadi 89,88 (baik). Persentase ketuntasan di siklus I 66,66% di siklus II mengalami peningkatan menjadi 90,47%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lailiyah, Nurliyach1016@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendekatan
Pendidikan > Matematika Realistik
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Pemahaman, Konsep Nilai Tempat Puluhan dan Satuan, Matematika, Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI).
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lailiyah Nur
Date Deposited: 10 Aug 2018 02:46
Last Modified: 10 Aug 2018 02:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26281

Actions (login required)

View Item View Item