Peningkatan pemahaman materi pesawat sederhana mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achivement Division) bagi siswa kelas V MINU Ngingas Waru Sidoarjo

Rohmah, Nurul Hidayatur (2018) Peningkatan pemahaman materi pesawat sederhana mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achivement Division) bagi siswa kelas V MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nurul Hidayatur Rohmah_D77214044.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat pemahaman siswa kelas V untuk memahami materi pesawat sederhana mata pelajaran IPA. Hal tersebut di ketahui pada saat wawancara dengan guru pada tahap prasiklus. Diketahui rendahnya pemahaman pada materi tersebut di karenakan pembelajaran guru kurang bervariasi. Guru kurang memberikan motivasi dan kurang kreatif dalam menyampaikan isi materi dan tidak pernah membagi siswa untuk berkelompok, sehingga hanya 37,14% siswa yang mencapai KKM. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) dalam meningkatkan pemahaman materi pesawat sederhana mata pelajaran IPA bagi siswa kelas V Minu Ngingas Waru Sidoarjo. (2) Bagaimana peningkatan pemahaman materi pesawat sederhana mata pelajaran IPA bagi siswa kelas V MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kurt lewin. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus ada 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes tulis. Penelitian dilakukan di kelas V MINU Ngingas Waru Sidoarjo sebanyak 35 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan pemahaman siswa terkait materi pesawat sederhana mata pelajaran IPA dapat terlaksana dengan baik. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor sebesar 74,25 (cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi 93,75 (sangat baik), sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor sebesar 71,42 (cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi 89,65 (baik). 2) Peningkatan pemahaman materi pesawat sederhana mata pelajaran IPA bagi siswa kelas V MINU Ngingas Waru Sidoarjo setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD terlihat dari hasil nilai rata-rata siswa pada prasiklus sebesar 57 (kurang) dengan persentase ketuntasan sebesar 37,14% (kurang sekali), menjadi 70,5 (cukup) pada siklus I dengan persentase ketuntasan sebesar 60% (cukup), dan pada siklus II meningkat menjadi 84,7 (baik) dengan persentase ketuntasan sebesar 88% (baik).

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Wakhidah, Nur
Uncontrolled Keywords: STAD; Peningkatan Pemahaman; Materi Pesawat Sederhana
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rohmah Nurul Hidayatur
Date Deposited: 09 Aug 2018 08:50
Last Modified: 09 Aug 2018 08:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26280

Actions (login required)

View Item View Item