Peningkatan pemahaman konsep sifat-sifat cahaya mata pelajaran ilmu pengetahuan alam melalui model pembelajaran learning cycle pada peserta didik kelas v a mi tanada Wadungasri - Sidoarjo tahun pelajaran 2017/2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faridah, Nadia Risya (2018) Peningkatan pemahaman konsep sifat-sifat cahaya mata pelajaran ilmu pengetahuan alam melalui model pembelajaran learning cycle pada peserta didik kelas v a mi tanada Wadungasri - Sidoarjo tahun pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadia Risya Faridah_D07214012.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pemahaman konsep yang rendah pada materi sifat-sifat cahaya di MI Tanada menjadi latar belakang adanya penelitian ini. Penyampaian materi dari guru yang belum divariasikan dan tidak menyandarkan pada karakteristik peserta didik menjadi sebab peserta didik pasif, kurang mengeksplor kemampuannya, mengintegrasikan konsep yang mereka miliki sebelumnya, serta adanya keadaan kelas yang belum kondusif. Model pembelajaran Learning Cycle diterapkan bertujuan memberikan perbaikan pemahaman konsep pada peserta didik dengan menggunakan diskusi kelompok kecil, praktikum sifat-sifat cahaya dan penugasan individu. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui penerapan model pembelajaran Learning Cycle dalam rangka meningkatkan pemahaman konsep sifat-sifat cahaya pada peserta didik kelas V A MI Tanada Wadungasri - Sidoarjo Tahun Pelajaran 2017/2018. 2) Mengetahui peningkatan pemahaman konsep sifat-sifat cahaya setelah menggunakan model pembelajaran Learning Cycle pada peserta didik kelas V A MI Tanada Wadungasri - Sidoarjo Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahap setiap siklusnya. Penelitian ini dilaksanakan di MI Tanada pada kelas VA dengan jumlah peserta didik sebanyak 27 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran Learning Cycle dapat meningkatkan aktivitas guru dengan perolehan nilai 78,75 (baik) pada siklus I menjadi 91,25 (sangat baik) pada siklus II. Aktivitas peserta didik meningkat dari 67,5 (cukup) pada siklus I menjadi 92,5 (sangat baik) pada siklus II. 2) Peningkatan pemahaman konsep peserta didik memeroleh nilai rata-rata 73,15 (cukup) pada siklus I menjadi 84,5 (baik) pada siklus II dan persentase ketuntasan peserta didik 55,55% (kurang) pada siklus I meningkat menjadi 87,87% (baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan, tindakan perbaikan dengan model pembelajaran Learning Cycle menghasilkan perubahan yang sesuai pada indikator kinerja yang diharapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faridah, Nadia Risyanadiarisya37@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Pemahaman Konsep : Sifat-sifat Cahaya : Model Pembelajaran Learning Cycle
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Faridah Nadia Risya
Date Deposited: 09 Aug 2018 04:05
Last Modified: 09 Aug 2018 04:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26279

Actions (login required)

View Item View Item