Penerapan model Kooperatif tipe Talking Stick untuk meningkatkan pemahaman tema Bumi dan Alam Semesta pada siswa Kelas III MI Jami’atut Tholibin Karangnongko Kab. Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shoolikhah, Ana Fariidatush (2018) Penerapan model Kooperatif tipe Talking Stick untuk meningkatkan pemahaman tema Bumi dan Alam Semesta pada siswa Kelas III MI Jami’atut Tholibin Karangnongko Kab. Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ana Fariidatush Shoolikhah_D97214083.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena proses pembelajaran kurang inovatif dan siswa kurang antusias dengan baik dengan kurikulum baru. Beberapa siswa yang belum mampu memahami Tematik Tema Bumi dan Alam Semesta secara maksimal telah mempengaruhi hasil belajar siswa. Tolak ukur pemahaman dilihat dari hasil belajar siswa sebelumnya yaitu 56,25% belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Oleh karena itu peneliti melakukan perbaikan pemahaman dalam pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif talking stick. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick untuk meningkatkan pemahaman pembelajaran tematik tema bumi dan alam semesta siswa kelas III MI Jami’atut Tholibin Karangnongko Kab. Kediri? 2) Bagaimana peningkatan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick untuk meningkatkan pemahaman pembelajaran tematik tema bumi dan alam semesta siswa kelas III MI Jami’atut Tholibin Karangnongko Kab. Kediri? Penelitian ini dilakukan di MI Jami’atut Tholibin Karangnongko Kab. Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus memiliki 4 tahap yaitu; perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berjalan baik karena dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Pada penelitian ini diperoleh hasil observasi aktivitas guru pada siklus I 87,5 (Baik) meningkat menjadi 96,428 (Sangat baik) pada siklus II. Perolehan nilai hasil observasi siswa pada siklus I 71,296 (Cukup) meningkat menjadi 95,37 (Sangat Baik) pada siklus II. 2) Data hasil belajar menunjukan peningkatan pemahaman siswa pada pra siklus memperoleh persentase hasil belajar 56,25% dengan rata-rata 68,44 (Kurang), siklus I memperoleh persentase hasil belajar 75% dengan rata-rata 72,5 (Cukup) dan siklus II memperoleh persentase hasil belajar 93,75% (Sangat Baik) dengan rata-rata 83,06 (Baik). Peningkatan pemahaman dari persentase hasil belajar 18,75% dengan nilai rata-rata naik 11,56 pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shoolikhah, Ana Fariidatushanafariidatushshoolikhah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif Tipe Talking Stick; Pemahaman Tema Bumi dan Alam Semesta
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Shoolikhah Ana Fariidatush
Date Deposited: 08 Aug 2018 08:48
Last Modified: 08 Aug 2018 08:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26270

Actions (login required)

View Item View Item