Penafsiran ulama terhadap al-Authan dalam Alquran dan kontektualitasnya pada masyarakat kontemporer

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mawaddah, Nadia (2018) Penafsiran ulama terhadap al-Authan dalam Alquran dan kontektualitasnya pada masyarakat kontemporer. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nadia Mawaddah_E93214078.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan manusia diciptakan adalah untuk beribadah kepada Allah SWT. Hal inilah yang kemudian beribadah menjadi suatu kebutuhan, kebutuhan yang jika tidak terpenuhi maka berdampaklah pada kualitas diri seseorang dihadapan Allah SWT maupun sesama manusia. Dalam skripsi ini dipaparkan Bagaiamana al-Authan dalam Alquran perspektif mufassir?, bagaiamana kontekstualisasi konsep al-Authan pada masyarakat kontemporer?. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif yaitu memperoleh gambaran dan pemahaman mengenai penafsiran ulama terhadap al-Authan dalam Alquran dan kontekstualitasnya pada masyarakat kontemporer. Metode yang akan dipakai untuk mencapai tujuan tersebut adalah metode madhu’i, yaitu metode mengumpulkan ayat-ayat Alquran yang membahas satu tema tersendiri, dan menafsirkan secara global dengan kaidah-kaidah tertentu. Hasil dari penelitian ini, al-Authan (berhala) menurut para mufassir adalah berupa patung-patung, dan sejenisnya baik terbuat dari tanah, batu, logam, emas, dan bisa berupa seumua makhluk selain dhat Allah SWT yang disembah/dipuja. Ditemukan al-Authan (berhala) pada masyarakat kontemporer yakni berupa, perbuatan syirik, ujub dan sombong, menuruti hawa nafsu, taqlid, mematuhi manusia sebagai alternatif dari tuhan. Semua itu merupakan sebuah ancaman bagi jiwa para masyarakat kontemporer. Karena ancaman tersebut maka perlunya pembekalan diri dengan ilmu agama yang kuat, guna terciptanya keimanan yang tidak mudah goyah. Jika seseorang memiliki iman yang kuat, maka dapat melawan jiwanya yang akan meyeleweng pada kesesatan yang berujung menyekutukan Allah SWT, maka hasil yang didapat adalah menjalankan ketaatan sesuai yang di syariatkan. Dari ketaatan ini akan membuahkan ridha Allah SWT yang dapat dinikmati di dunia dan akhirat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mawaddah, Nadiamawarddahnadia@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Masyarakat Islam
Al Qur'an
Tafsir
Uncontrolled Keywords: Al-Authan; tafsir al-Qur'an; masyarakat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Mawaddah Nadia
Date Deposited: 07 Aug 2018 02:01
Last Modified: 07 Aug 2018 02:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26265

Actions (login required)

View Item View Item