Studi deskriptif tentang bimbingan dan konseling Islam terhadap Mualaf di Yayasan Muhtadin Masjid Al Falah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Siti Khoirunnisa (2018) Studi deskriptif tentang bimbingan dan konseling Islam terhadap Mualaf di Yayasan Muhtadin Masjid Al Falah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Khoirunnisa Wulandari_B53214037.pdf

Download (6MB)

Abstract

Fokus permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana proses bimbingan dan konseing Islam terhadap mualaf di Yayasan Muhtadin Masjid Al-Falah Surabaya dan bagaimana hasil proses bimbingan dan konseling Islam terhadap mualaf di yayasan muhtadin masjid Al-Falah Surabaya. Dalam menjawab permasalahan proses dan hasil tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen pengumpul data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sehingga hasil data dianalisis dengan menggunakan observasi secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum mengikuti pembinaan, kondisi para mualaf mengalami kebingungan dalam mempelajari sholat dan ilmu agama Islam serta merasakan kegelisahan dalam menjalankan agama Islam karena tidak ada yang membimbing. Setelah mengikuti pembinaan di yayasan muhtadin masjid Al-Falah, para mualaf yang kebingungan dalam mempelajari sholat dan agama Islam seiring berjalannya waktu mulai bisa memahami dan mempraktikkan sholat serta sedikit demi sedikit mampu memahami ilmu agama yang disampaikan oleh para pembina mualaf pada saat pembinaan. Para mualaf mendapatkan ilmu baru, dorongan, dukungan, nasehat, dan motivasi selama mengikuti pembinaan. Para mualaf juga menjadi pribadi yang lebih sabar, kebutuhan beragamanya dapat terpenuhi dan mampu mencapai ketenangan dalam menjalani kehidupan. Salah satu metode yang digunakan dalam pembinaan mualaf adalah metode sharing. Metode ini merupakan sebuah kegiatan konseling dalam kelompok. Klien yang memiliki masalah dapat menemukan solusi dari sesama mualaf yang lebih berpengalaman dalam menghadapi permasalahan tentang mualaf. Metode ini dapat dikatakan sebagai salah satu metode yang tepat karena para mualaf tidak hanya dapat menemukan solusi dan jalan keluar masalah hanya dari konselor ataupun pembina, namun juga dapat menemukan solusi dari teman-teman sesama mualaf.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Siti Khoirunnisasitikhoirunnisa05@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Bimbingan Konseling
Uncontrolled Keywords: Bimbingan; Konseling Islam; Mualaf; Sharing
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Wulandari Siti Khoirunnisa
Date Deposited: 07 Aug 2018 03:51
Last Modified: 07 Aug 2018 03:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26257

Actions (login required)

View Item View Item