PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA LANCAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS I MI NURUL ULUM GRABAGAN

Putri, Masulah Nur Aini (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA LANCAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS I MI NURUL ULUM GRABAGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (851kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (323kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh masalah yang timbul dikelas I MI Nurul Ulum Grabagan, yang terdiri dari 28 siswa. Masalah tersebut mengenai kemampuan membaca lancar siswa kelas I MI Nurul Ulum Grabagan masih sangat rendah. Ini dibuktikan dengan nilai kemampuan membaca lancar yang masih di bawah KKM (75). Oleh sebab itu, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media gambar dengan jenis penelitian kolaboratif yaitu pelaksanaannya dilakukan dengan bekerja sama dengan guru bidang studi bahasa Indonesia dan dibantu dengan teman sejawat.
Permasalah yang dikaji pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan media gambar pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MI Nurul Ulum Grabagan; (2) Bagaimana peningkatan kemampuan membaca lancar dengan media gambar di MI Nurul Ulum Grabagan.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan media gambar pada pelajaran bahasa Indonesia dan mengetahui kemampuan membaca lancar pada siswa dengan menggunakan media gambar di MI Nurul Ulum Grabagan.
Model yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah model Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam dua siklus untuk mengetahui kemampuan membaca lancar siswa dengan menggunakan media gambar. Tiap siklus terdiri atas empat langkah pokok, yaitu: 1) perencanaan; 2) aksi atau tindakan; 3) observasi; dan 4) refleksi. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas I MI Nurul Ulum Grabagan tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, unjuk kerja dan dokumentasi.
Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: 1. Penerapan media gambar pada kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada siklus I masih belum maksimal. Hal ini dapat dilihat dari nilai akhir aktivitas guru 72,8 dengan kategori baik dan nilai akhir aktivitas siswa 72,5 dengan kategori baik. Setelah adanya perbaikan pada siklus II perolehan nilai akhir aktivitas guru 82,9 dengan kategori baik sekali dan nilai akhir aktivitas siswa 87,5 dengan kategori baik sekali. 2. Kemampuan membaca lancar siswa setelah diterapkannya media gambar pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 67,8% dengan kategori cukup dengan nilai rata-rata 78,8 dengan kategori baik. Siklus II menunjukkan peningkatan yaitu persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 85,18% dengan kategori baik dengan nilai rata-rata 82,7 dengan kategori baik sekali. Dengan demikian, penerapan media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca lancar pada siswa kelas I MI Nurul Ulum Grabagan.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Wahyuniati
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Lancar; Media Gambar; Media Pendidikan; Media Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Pendidikan > Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Hanafi
Date Deposited: 07 Nov 2015 22:44
Last Modified: 07 Nov 2015 22:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/2622

Actions (login required)

View Item View Item